Thursday 31 May 2018

Kemerdekaan

Hal ini qt jadikan renungan, sebab kbtln hari ini:
Tanggal 9 Ramadhan 1439 H. bertepatan dengan hari Juma'at.
Kemerdekaan bangsa Indonesia diproklamasikan pas pada hari Jum'at dan pas tgl 9 Ramadhan.
Wajar kalau pemuda dan pemuka bangsa yg memerdekan bangsa ini mencantumkan dlm Mukaddimah Undang-Undang Dasar keesokan harinya sbg perwujutan rasa syukur yg amat dalam kpd Allah; diredaksikan di alenea ke tiga:
"Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya."
Renungan ini saya ajak bukan menilai apa yg tlh terjadi stlh kita merdeka sampai saat ini, tapi saya akan ajak membanding dua ayat y.i. ttg perintah puasa dan janji Allah untuk suatu negeri.
Ayat perintah puasa:
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِکُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ
"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 183)
Ayat janji Allah untuk negeri yg rakyatnya takwa:
وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰۤى اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَـفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَآءِ وَالْاَرْضِ وَلٰـكِنْ كَذَّبُوْا فَاَخَذْنٰهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ
"Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan."
(QS. Al-A'raf 7: Ayat 96)
Mari qt renungkan penggalan kata di ayat puasa
لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ
"agar kamu bertakwa", suatu harapan Allah, orang yg berpuasa itu smg jadi takwa.
Lalu qt lanjutkan renungan dari penggalan dari ayat janji Allah untuk pddk negeri yg takwa, qt ambil penggalan katanya:
لَـفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ
Terjemahannya: "Pasti kami akan melimpahkan kpd mereka"
Perbandingan qt dptkan y.i.
1. Berpuasa diharapkan menjadi takwa, blm merupakan jaminan yg pasti dari Allah bahwa orang puasa berujung stlh selesai puasa jadi takwa. Tentu tergantung bgmn ybs memaknai dan memberi nilai serta kualitas puasanya.
2. Sedangkan diayat janji Allah untuk pddk negri yg beriman dan takwa; dg kata "pasti". Kalau beriman dan bertakwapasti ............" (silakan baca lagi kutipan di atas).
Nah sekarang renungan qt di hari je 9 ini, qt tlh lama merdeka KENAPA limpahan berkah itu tak kunjung tercurah buat bangsa ini. Tentu para pembaca yg arif budiman akan tau jawabannya.
Yg pasti Allah tak kan ingkar janji. Buktinya di tulisan singkat ini qt cermati Allah ndak mau janji PASTI kpd orang puasa pasti takwa. Tapi Allah janji PASTI buat pddk negeri yg beriman dan bertakwa akan dilimpahi keberkatan dari langit dan bumi.
Dmkn renungan ini mdh-mdhan ada manfaatnya buat pembaca. Saya berterimakasih kesudian anda luangkan waktu ikut merenung, akan senang sekali bila anda berkenan meneruskan ke pembaca lain, jika dianggap berfaedah serta tak mendtgkan mudharat, smg jadi catatan kebaikan qt. Aamiin. Barakallahu fikum. Wslm M. Syarif Arbi.

No comments:

Post a Comment