Sunday 10 May 2020

TUJUH syarat diampuni DOSA (Bagian 1).

Ketika usia sudah senja.
Organ tubuh sdh menua. Persendian2 bagai didera.
Otot2 kadang sakit terasa.

Dikondisi itu mulai teringat.
Masa depan makin mendekat.
Untuk menuju kampung akhirat.
Siap tak siap mesti berangkat.

Tiada pegangan harus diraih.
Allah hanya tempat merintih.
Allah merahmati tak kenal letih.
Walau dosa bertumpang tindih.

Allah memberikan informasi di dalam Al-Qur’an bahwa bagi hamba Allah yang sudah masuk usia 40 tahun bila memenuhi TUJUH syarat;  akan diampuni dosa2nya dan diterima semua amalnya, kemudian memasukkannya ke dalam sorga.

Syarat tsb ditegaskan Allah dalam surat Al-Ahqaf 15 dan 16;
وَوَصَّيْنَا الْاِ نْسَا نَ بِوَا لِدَيْهِ اِحْسَا نًا ۗ حَمَلَـتْهُ اُمُّهٗ كُرْهًا وَّوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۗ وَحَمْلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوْنَ شَهْرًا ۗ حَتّٰۤى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرْبَعِيْنَ سَنَةً ۙ قَا لَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْۤ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْۤ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَا لِدَيَّ وَاَ نْ اَعْمَلَ صَا لِحًا تَرْضٰٮهُ وَاَ صْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْ ۗ اِنِّيْ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِ نِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
"Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang muslim."
اُولٰٓئِكَ الَّذِيْنَ نَـتَقَبَّلُ عَنْهُمْ اَحْسَنَ مَا عَمِلُوْا وَنَـتَجَاوَزُ عَنْ سَيِّاٰتِهِمْ فِيْۤ اَصْحٰبِ الْجَنَّةِ ۗ وَعْدَ الصِّدْقِ الَّذِيْ كَا نُوْا يُوْعَدُوْنَ
"Mereka itulah orang-orang yang Kami terima amal baiknya yang telah mereka kerjakan, dan (orang-orang) yang Kami maafkan kesalahan-kesalahannya, (mereka akan menjadi) penghuni-penghuni surga. Itu janji yang benar yang telah dijanjikan kepada mereka."

Dari dua ayat di atas dpt dipetik informasi TUJUH syarat akan diampuni dosa2nya dan diterima semua amalnya, kemudian memasukkanNYA ke dalam sorga.

Syarat tsb adlh:
1. Berbuat baik kpd kedua ORTU.
2. Berdo'a mhn petunjuk bersyukur.
3. Berdo'a untuk kedua ORTU.
4. Berdo'a dpt beramal shaleh.
5. Berdo'a untuk generasi penerus.
6. Bertaubat.
7. Berserah diri kpd Allah.

ad. 1. Berbuat baik kepada kedua orang tua.

Ibu Bapak adalah media kelahiran setiap manusia ke atas dunia ini. Ibu telah mengandung dengan menderita kepayahan, kemudian melahirkan anaknya dengan pertaruhan jiwa menderita kesakitan. Merawat sedari ketika kita tidak berdaya serta menyusui selama 30 bulan. Mendidik sampai menjadi dewasa.
Ayah mencarikan nafkah untuk keluarganya dengan segala macam pengorbanan.
Kadang seorang ayah rela harga dirinya sedikit tersinggung demi mempertahankan pekerjaannya untuk mendapatkan nafkah. Contoh seorang ayah pekerja di perkantoran kadang menelan saja bila kebetulan mendapat umpatan, teguran dari atasannya walaupun sebenarnya ia tidak salah. Ia takut kalau membantah kehilangan pekerjaan. Terbayang wajah anaknya jika ia diberhentikan dari pekerjaannya bagaimana membelikan susu anaknya, paling tidak untuk sementara waktu dalam mencari pekerjaan baru.

Beda orang yang belum punya anak isteri di rumah, alias masih lajang, mungkin dalam case seperti itu tidak berpikir panjang.

Itulah sebabnya antara lain kenapa anak harus berbuat baik kepada kedua orang tuanya.

Walau sudah berbuat baik demikian banyaknya, namun budi baik kedua orang tua tidak akan dapat terbalas, jadi minimal berbuat baik dalam arti tidak mendurhaka kepada kedua orang tua. Maha benar Allah dalam ayat ke 17 dari surat Al-Ahqaf  ini diantaranya menyebutkan bahwa termasuk durhaka seorang anak yang berucap “Uffin” atau “CIS” kepada kedua orang tuanya. Kira-kira dalam pengertian kita membentak.
وَا لَّذِيْ قَا لَ لِـوَا لِدَيْهِ اُفٍّ
Dan orang yang berkata kepada kedua orang tuanya, Ah.

Bgt penting peringatan Allah sikap tdhp kedua ORTU ini, apalagi membentak, sedangkan kata bernuansa membantah saja dilarang keras oleh Allah.


TUJUH syarat diampuni DOSA,  syarat  ke dua ke tiga dstnya
اِنْ شَآءَ اللّٰهُ
akan dilanjutkan di tulisan bagian berikutnya.

Semoga Allah memudahkan kita semua dlm menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi semua larangan Allah. Aamiin.

Semoga Shaum Ramadhan ini mrpk titik tumpu untuk kita semua bertaubat, memperbaiki diri dg ibadah dan amal saleh. Aamiin

Semoga wabah virus Korona ini sgr diangkat Allah dari dunia ini.
آمِيّنْ... آمِيّنْ... يَا رَ بَّ العَـــالَمِيْ

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ
Barakallahu fikum
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif Arbi.
Jakarta, 13 Ramadhan 1441 H.
6 Mei 2020.

No comments:

Post a Comment