Monday 11 May 2020

BERSERAH DIRI

Upaya untuk mendapatkan ridha Allah berupa pengampunan dosa dan sbg penghuni surga sesuai tuntunan Allah di dalam surat Al-Ahqaf 15 dan 16 telah  di kemukakan pada tulisan bbrp hari sblm ini dari syarat 1 sampai 6.

Selanjutnya di hari ke 19 Ramadhan 1441 H. ini, kutulis tentang syarat ke 7;
"PENYERAHAN diri kpd ALLAH".

Allah tempat berserah diri semua apa yang di langit dan di bumi serta seluruh jagad ini baik secara sukarela maupun secara terpaksa.

اَفَغَيْرَ دِيْنِ اللّٰهِ يَبْغُوْنَ وَلَهٗۤ اَسْلَمَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضِ طَوْعًا وَّكَرْهًا وَّاِلَيْهِ يُرْجَعُوْنَ
"Maka mengapa mereka mencari agama yang lain selain agama Allah, padahal apa yang di langit dan di bumi BERSERAH DIRI kepada-Nya, (baik) dengan SUKA maupun TERPAKSA, dan hanya kepada-Nya mereka dikembalikan?"
(QS. Ali 'Imran ayat 83)

Orang yang beriman jelas berserah diri dengan SUKARELA menyambut seruan Allah.

Semoga Allah memudahkan kita semua dlm BERSERAH DIRI, dlm artian menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi semua larangan Allah.

Mudah2 an dlm pengertian berserah diri juga termasuk kita berserah diri dlm kondisi mewabahnya virus Korona di Ramadhan 1441 ini.

Kitapun smg sanggup berserah diri;  betapa tidak;......... kita sukarela atau terpaksa harus berserah diri kpd Allah, menerima kondisi begini, harus physical/social distancing, stay at home.

Di bbrp daerah sdh sekian Jum'atan tdk shalat Jum'at di masjid. Tdk shalat 5 waktu berjamaah di masjid. Tidak shalat Tarawih di masjid, dll. Apa boleh buat kita hanya dpt berserah diri kpd Allah.

Bagi yg sukarela berserah diri, Allah jamin orang itu tlh berpegang ke jalan keyakinan yg kukuh.

وَمَنْ يُّسْلِمْ وَجْهَهٗۤ اِلَى اللّٰهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِا لْعُرْوَةِ الْوُثْقٰى ۗ وَاِ لَى اللّٰهِ عَا قِبَةُ الْاُ مُوْرِ
"Dan barang siapa berserah diri kepada Allah, sedang dia orang yang berbuat kebaikan, maka sesungguhnya dia telah berpegang kepada buhul (tali) yang kukuh. Hanya kepada Allah kesudahan segala urusan."
(QS. Luqman ayat 22).

Soal berserah diri bagi orang beriman, dilaksanakan saban hari, setiap selesai menjalankan aktivitas. Karena apapun usaha kita hasil akhir yg menentukan adlh Allah. Hanya kpd Allah diserahkan semua persoalan.

Bgt pentingnya berserah diri kpd Allah ada do'a menyerahkan diri diajarkan Rasulullah menurut Hadist Buhari-Muslim berikut ini, baik kiranya untuk diamalkan utamanya menjelang tidur.
اَللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِيْ إِلَيْكَ
Ya Allah, aku menyerahkan diri-ku kepada-Mu
وَفَوَّضْتُ أَمْرِيْ إِلَيْكَ
Dan aku menyerahkan urusanku kepada-Mu
وَوَجَّهْتُ وَجْهِيَ إِلَيْكَ
Dan aku menghadapkan wajahku kepada-Mu
وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِيْ إِلَيْكَ
Dan Aku menyandarkan punggungku kepada-Mu
رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ
Karena senang (mendapatkan rahmat-Mu) dan takut pada (siksaan-Mu)
لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ
Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari (ancaman)-Mu, kecuali kepada-Mu
آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِيْ أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِيْ أَرْسَلْتَ
Aku beriman pada kitab yang telah Engkau turunkan dan (kebenaran) Nabi-Mu yang telah Engkau utus

Prof. Dr. Hamka dlm tafsir Al-Azhar (juzu 8 halaman 201-203)
menceritakan bahwa ketika beliau di tahan 1964 di Sukabumi, seorang petugas sbtulnya mendpt tugas mencari pengakuan sesuai dg yg di fitnahkan kpd beliau menggunakan alat penyetroom. Tetapi berulang kali alat tlh dibawa dibbrp kali pemeriksaan tdk sanggup melaksanakannya, sampai akhirnya si petugas menanyakan "amalan apa yg diamalkan beliau"..
............

Singkat cerita amalan do'a seperti di kutip di atas di ajarkan Prof. Dr. Hamka kpd penyidik.

Intinya betapa besar perlindungan Allah di DUNIA buat hamba-Nya yg secara bulat berserah diri kepada-Nya. Apalagi di AKHIRAT nanti.

Dalam keadaan Shaum Ramadhan ini, saat yg paling tepat untuk digunakan memperbaharui starting point kita semua  ummat manusia, BERSERAH DIRI kepada Allah. Tentu untuk terus menerus kita lakukan berkesinambungan setiap saat sampai akhir hayat.

Dmkn  7 syarat  termuat dlm surat Al-Ahqaf 15-16 diampuni Allah dosa2 dan dimasukkan ke surga, tlh kita ikuti satu persatu. Hari ke 19 Ramadhan 1441 H ini kita simak syarat yg ke 7,untuk itu dikutip kembali ayat yg memuat 7 syarat dimaksud;
.....رَبِّ اَوْزِعْنِيْۤ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْۤ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَا لِدَيَّ وَاَ نْ اَعْمَلَ صَا لِحًا تَرْضٰٮهُ وَاَ صْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْ ۗ اِنِّيْ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِ نِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
".............Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang muslim." (ayat 15)

اُولٰٓئِكَ الَّذِيْنَ نَـتَقَبَّلُ عَنْهُمْ اَحْسَنَ مَا عَمِلُوْا وَنَـتَجَاوَزُ عَنْ سَيِّاٰتِهِمْ فِيْۤ اَصْحٰبِ الْجَنَّةِ ۗ وَعْدَ الصِّدْقِ الَّذِيْ كَا نُوْا يُوْعَدُوْنَ
"Mereka itulah orang-orang yang Kami terima amal baiknya yang telah mereka kerjakan, dan (orang-orang) yang Kami maafkan kesalahan-kesalahannya, (mereka akan menjadi) penghuni-penghuni surga. Itu janji yang benar yang telah dijanjikan kepada mereka."(ayat 16).

Smg Allah mengampuni dosa2 kita dan menerima PENYERAHAN diri kita, kmdn melindungi kita semua dari wabah Korona ini, menggantinya dg kebaikan dan pelajaran untuk menjadi lebih bertaqwa.

آمِيّنْ... آمِيّنْ... يَا رَ بَّ العَـــالَمِيْ

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ
Barakallahu fikum
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif Arbi.
Jakarta, 19 Ramadhan 1441 H.
12 Mei 2020.

No comments:

Post a Comment