Friday 15 May 2020

MENJARING 1000 BULAN

Kini tahun Hijriyah 1441, seribu empat ratus 40 tahun sdh kewajiban shaum buat orang beriman dijalankan. Perintah shaum  diterima 10 Sya'ban tahun ke 2 Hijriyah.

Shaum pertama bagi kaum muslimin di th ke 2 H..........  Perang Badr terlaksana pas di hari ke 17 shaum Ramadhan. Pasukan Islam menang, padahal para pejuang Islam dlm keadaan shaum.

Shaum bagi ummat Islam yg ke 1140 kalinya, tahun ini di tengah "stay at home" lantaran berikhtiar menghindar dari wabah Covid 19. Agaknya kita bukan "perang", tapi "diserang", pilihannya ikhtiar menghindar.

Tahun 1442 H.  dan seterusnya sblm kiamat,  insya Allah Ramadhan masih akan datang lagi.  Di negeri kita Indonesia sepanjang Islam masih di anut warga negaranya, shaum Ramadhan masih terlaksana.

Pertanyaannya; apakah awak masih ada Ramadhan y.a.d.???

Tak seorangpun dpt memastikan bahwa Ramadhan 1442 masih ikut di dalamnya walau masih muda belia sekalipun. Sebab akhir hidup ini dpt terjadi tak pandang usia.

وَلَنْ يُّؤَخِّرَ اللّٰهُ نَفْسًا اِذَا جَآءَ اَجَلُهَا ۗ وَاللّٰهُ خَبِيْرٌۢ بِمَا تَعْمَلُوْنَ

"Dan Allah tidak akan menunda (kematian) seseorang apabila waktu kematiannya telah datang. Dan Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan."
(QS. Al-Munafiqun ayat 11)

Oke lah, bila kita pake logika urut gilir kacang, yg tua duluan mati, maka patut diingat Rasulullah memprediksi:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَعْمَارُ أُمَّتِى مَا بَيْنَ سِتِّينَ إِلَى سَبْعِينَ وَأَقَلُّهُمْ مَنْ يَجُوزُ ذَلِك

"Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dia berkata bahwa Rasûlullâh bersabda, “Umur ummatku berkisar antara enam puluh sampai tujuh puluh tahun, dan sedikit yang melewatinya.” [HR. Tirmidzi; dihasankan oleh al-Albâni]

Oleh karena itu agaknya, utamanya bagi usia kepala enam, apalagi usia kepala tujuh, hendaknya lebih waspada, satu dan lain apakah Ramadhan y.a.d. masih "ada".

Untungnya bagi ummat Islam, baik yg sepuh maupun yg muda di bln Ramadhan tersedia fasilitas semalam beribadah nilainya lebih baik dari 1000 bulan (83 tahun lebih).....
Dg dmkn kalaulah setiap Ramadhan ketemu malam tersebut, misalnya bagi yg berusia 60 th sekarang, katakan lah baru mantap ibadah umur 15 th. Berarti sdh 45 th ibadah. Bila tiap tahun mendapati "malam qadar", maka sdh ternilai beribadah selama 45 x 83 = 3.375 tahun sdh lebih banyak dari usia nabi Nuh. Dalilnya:

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍ

"Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan."
(QS. Al-Qadr ayat 3).

Persoalannya, malam ke berapa malam itu adanya, banyak versi para ustadz menukil dari berbagai sumber hadits........

Kita ambil saja hikmahnya kenapa Rasulullah tak memberikan kata pasti tgl sekian "Lailatul qadr" itu. Barangkali agar kita tidak lengah untuk meningkatkan ibadah sejak awal Ramadhan sampai akhir Ramadhan. Dg dmkn insya Allah kita akan dpt MENJARING "malam lebih baik dari 1000 bulan" itu. Karena dpt saja malam tsb adanya di tgl 1, 2, 3 dstnya sampai akhir. Mungkin saja di malam nanti ketika tulisan ini ku publish. Atau sdh berlalu atau nanti malam2 berikutnya.

Mengacu ke ayat di bawah ini boleh jadi malam Qadr jatuh di malam ke 17.
.......... وَمَاۤ اَنْزَلْنَا عَلٰى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعٰنِ ۗ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

"..........Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqan, yaitu pada hari bertemunya dua pasukan. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."
(QS. Al-Anfal ayat 41)

Perang Badr itu 17 Ramadhan. Menurut sebagian  ustadz bahwa dilain hadist disebutkan perang Badr itu 5 Ramadhan dan menurut ustadz banyak lagi hadits yg informasi tglnya beda.

Baiklah kalau bgt,  tak soal tgl berapa "lailatul qadr" itu. Kita maksimalkan kualitas dan kuantitas ibadah kita selama bln Ramadhan, sejak awal sampai akhir dg dmkn insya Allah ada yg pas ketemu sehingga berhasil MENJARING malam 1000 BULAN.

Smg Allah memberikan kita setiap Ramadhan sbg hambanya yg beribadah bernilai lbh baik dari 1000 bulan itu, Aamiin.

Smg Allah memudahkan kita untuk berbuat amal ibadah maksimal di bulan Ramadhan ini, agar dpt MENJARING malam yg lebih baik dari 1000 BULAN.

Smg wabah Korona ini, segera Allah angkat dari dunia ini, agar kita lbh dpt meningkatkan ibadah dan amal shaleh.

آمِيّنْ... آمِيّنْ... يَا رَ بَّ العَـــالَمِيْ

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ
Barakallahu fikum
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif Arbi.
Jakarta, 23 Ramadhan 1441 H.
16 Mei 2020.

No comments:

Post a Comment