Friday 1 May 2020

RENUNGAN:

Bahwa sdh berbilang bulan, dunia dilanda wabah virus Covid 19.

*Sungguh terbukti bahwa manusia sangat lemah bgt sangat terbatas kemampuannya.........

Di suasana kehidupan keseharian saja sungguh diri ini tidak berdaya:

• Tak seorangpun yang mampu mengatur denyut nadinya, sebagai  indikasi jantungnya  masih berdetak, memompa darah ke seluruh bagian tubuh.  Pengetahuan insan sebatas hanya menghitung berapa denyut dalam semenit.

• Tak seorangpun yang sanggup menentukan tekanan darahnya berapa di batas bawah dan berapa di batas atas yg mengindikasikan apakah dianya bertekanan darah tinggi atau bertekanan darah rendah atau normal tekanan darahnya, untuk tau dianya sehat atau menderita sakit.

• Ketika sakit, sadarlah diri bahwa diri ini diciptakan, bukan menciptakan sendiri. Bahwa diri ini terdiri dari Roh dan Jasmani. Roh ciptaan Allah dimasukkan ke dalam Jasmani yg juga ciptaan Allah. Sehingga sadarlah bahwa diri ini tidak memiliki apa-apa, semuanya milik Allah. Roh milik Allah dan Jasmani juga milik Allah. Tak ada pilihan lain selain menyerahkan diri kepada Allah.

• Alangkah indahnya perilaku setiap insan, bila kesadaran kepemilikan diri ini, dipupuk dalam setiap keadaan baik sehat maupun dalam keadaan sakit, mudah-mudahan berdampak berbuat banyak kebaikan mengurangi segala bentuk ma'siat dan kejahatan.

Ramadhan "stay at home" ini baik untuk merenung diri masing2, seberapa jauh sdh dikehidupan ini dihiasi dg kebaikan. Seberapa banyak kesalahan yg tlh dikakukan untuk bertaubat.
اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّا بِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ
"Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri." Al-Baqarah 222.
اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ
Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.". Al-Baqarah 195.

Smg Allah menerima taubat kita dan diberi kemudahan untuk berbuat baik.

​آمِيّنْ... آمِيّنْ... يَا رَ بَّ العَـــالَمِيْ

Barakallahu fikum
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif Arbi.
Jakarta 08 Ramadhan 1441 H.
01 Mei 2020.

No comments:

Post a Comment