Thursday 27 June 2019

Mencari PEGANGAN Mati

Ku pernah punya tetangga, semasa blm pensiun, pak tua ini agaknya tak jelas nganut agama apa. Di keluarga mereka aneka agama.

Sedang Istri si pak tua ini berfalsafah "kami orang perempuan ikut suami, ke surga ikut ke nerakapun nurut (suarga nunut neroko katut)". Belakangan ku ketahui beliau memilih sesuatu agama. Bgtlah kisah pencarian pegangan mati tetanggaku itu. 

Jadi tak usah heran akan judul tulisan ini, mau bgmn lagi bila usia sudah menua manusia mesti akan mencari PEGANGAN MATI. Bagaimana tidak karena setiap manusia;
* Ketika dalam usia senja,
* Linu di badan  setiap hari terasa.
* Sehat dan sakit tidak berbeda.
* Uban dikepala  sudah merata.
* Senyum meringis terliat sama
* Bergerak kadang dg kursi roda

Disaat seperti itu orang sudah berusaha untuk mencari pegangan mati, mau kemana lagi pasti bekal mati.

Sebenarnya dikondisi yg saya beri mark "*" di atas sudah terlambat, tetapi lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.

Dalam kondisi ini, kadang orang akan mendekati siapa saja yang mudah didapat untuk memberikan panduan mencari bekal pegangan mati. Pemeluk Islam, mulai sangat rajin datang ke masjid, berusaha tidak absen mendengar ceramah para ustazd. Dibelain shalat jamaah duduk di kursi, diujung shaf biasa ngambil posisi.
Orang  seperti ini, namanya mencari pegangan mati, setelah diujung hari, ketika perjalanan hidup hampir di akhiri.

Tidak kurang pula banyaknya anak-anak muda dalam usia yang produktif sudah mulai menekuni ibadah dan terus menerus mencari pegangan mati. Kelompok ini sadar benar bahwa yg namanya mati ndak usah nunggu tua, ndak pandang usia. Bak buah kelapa:
Kadang jatuh ketika baru beluluk.
Kadang dipetik masih cengkir untuk diminum pedas air.
Kadang diambil ketika dogan.
Ada pula jatuh sendiri lantaran sudah tua.

Adalah baik perlakuan masyarakat tradisional di daerah-daerah kebanyakan di belahan nusantara ini, yaitu membekali anak-anak sejak usia bawah lima tahun dengan pelajaran agama.

Di kampungku doeloe Anak lelaki termasuk diriku, tidak dikhitan (disunat) bila belum khatam membaca Al-Qur’an. Ketika akan di khitan diadakan acara khataman Al-Qur’an. Remaja putri ketika akad nikah melakukan khataman Al-Qur’an, jadi mau tidak mau harus pandai baca Al-Qur’an.

Walau kemudian dalam perjalanan hidup, kadang dikarenakan berbagai faktor, sempat anak-anak tadi setelah dewasa berada di daerah lain, sempat terjauh dari hidayah. Pada masa tuanya, insya Allah mereka nanti kembali mencari bekal akhirat yang pernah hilang itu, satu dan lain karena memang yang bersangkutan sudah punya modal awal, modal dasar yaitu dapat membaca Al-Qur’an. Jadi orang tua di daerah-daerah membekali anak-anak BALITA dengan pengetahuan agama, bagaikan telah menyiapkan lahan dihati anak-anak mereka untuk hidayah  dapat bersemi, menjadari kehidupan di dunia ini sementara, ada kehidupan akhirat yg kekal setelah mati.

Kesadaran akan pentingnya "pegangan mati" tersebut akan tumbuh subur tergantung pemeliharaan dan perawatan oleh tempaan situasi dan kondisi lingkungannya. Setidaknya dimasa tuanya nanti kalau panjang umur dia akan kembali menerima hidayah itu untuk intensif menyiapkan pegangan mati.

Ada kalanya pak tua/mak tua yg tengah sibuk mencari pegangan mati itu mengena, ada pula yg salah.

Kalau jalannya mengena beruntunglah pencari pegangan mati tersebut. Dia betul2 dpt hidayah dari Allah. Kalau jalannya salah, maka bukan mustahil yg didapat se-olah2 hidayah padahal kesesatan. Kuncinya adalah carilah tempat yg tepat untuk mencari hidayah, antara lain pilih teman yg tepat, jangan sampai menyesal seperti diungkapkan surat Al-Furqan 28.
يٰوَيْلَتٰى لَيْتَنِيْ لَمْ اَتَّخِذْ فُلَانًا خَلِيْلًا
"Wahai, celaka aku! Sekiranya (dulu) aku tidak menjadikan si fulan itu teman akrab(ku),"

Sungguh teman yg tepat dpt menyelamatkan, tetapi teman yg salah dpt nenyesatkan.

Kalau salah dlm memilih teman dlm rangka mencari hidayah bukan tak mungkin se-olah2 mrpk hidayah padahal kesesatan. Hal tsb menjadikan petaka bukan saja di akhirat nanti kadang sdh terlihat di dunia ini. Sering didengar ada yg mengatas namakan perjuangan agama, mencelakakan banyak orang yg tdk berdosa. Padahal di maklumi agama melarang membuat kerusakan di bumi, dilarang membunuh (Al-Maidah 32).
  مَنْ قَتَلَ نَفْسًۢا بِغَيْرِ نَفْسٍ اَوْ فَسَادٍ فِى الْاَرْضِ فَكَاَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيْعًا   ۗ  وَمَنْ اَحْيَاهَا فَكَاَنَّمَاۤ اَحْيَا النَّاسَ جَمِيْعًا  ۗ 
"barang siapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barang siapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia.

Allah melarang berbuat kerusakan di muka bumi, lihat surat al-'Araf 56:
وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا
Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik.

Dmkn ttg pencari pegangan mati.
* Smg bagi yg sudah dalam hidayah, dipeliharakan Allah taufiq wal hidayah.
* Smg bagi yg sedang mencari hidayah bakal bekal mati dimudahkan Allah untuk mendptkan alamat yg tepat, spy selamat dunia akhirat.

Aamiin.
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ
Barakallahu fikum
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif arbi.

No comments:

Post a Comment