Friday 7 May 2021

Perintah MEMBACA.

 Nabi Muhammad ﷺ diangkat menjadi Rasul di di suasana sunyi sepi hening di sebuah Gua. Tanpa saksi dan upacara seremonial juga tidak pakai sumpah jabatan.


Pada pengantar SK keRasulan buat Nabi Muhammad ﷺ   terdapat 5 (lima)  butir-butir pokok-pokok tugas beliau. 


LIMA POKOK TUGAS y.i.:

1. Tugas membaca. 

2. Tugas mengingatkan manusia, asal dirinya.

3. Tugas mengajak manusia memuliakan Allah

4. Tugas memotivasi manusia agar terus hrs belajar melalui tulis dan baca.

5. Tugas menyakinkan manusia bahwa setelah manusia berusaha belajar Allah-lah  mengajarkan yg tdk diketahui manusia, dg syarat manusia tau diri dan memuliakan Allah.

(Surat al-'Alaq 1 sd 5).


ad.1. Tugas Membaca.

Allah nanti akan menyusulkan berangsur-angsur sejumlah lbh dari 6 ribu ayat tertulis sbg bacaan dlm Al-Qur'an (disebut ayat2 kauliyah). Guna dibaca, ditadaburi, difahami dijadikan pedoman hidup untuk seluruh manusia.


Selain itu ummat manusia disuruh membaca tak terhingga ayat2 Allah berupa fenomena alam (disebut ayat2 kauniyah). Ayat kauniyah ini dmkn banyaknya sampai diibaratkan dlm Al-Qur'an di surat Al-Kahf ayat 109.


قُلْ لَّوْ كَا نَ الْبَحْرُ مِدَا دًا لِّـكَلِمٰتِ رَبِّيْ لَـنَفِدَ الْبَحْرُ قَبْلَ اَنْ تَـنْفَدَ كَلِمٰتُ رَبِّيْ وَلَوْ جِئْنَا بِمِثْلِهٖ مَدَدًا

"Katakanlah (Muhammad), Seandainya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, maka pasti habislah lautan itu sebelum selesai (penulisan) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)."


Merujuk pada ayat2 kauliyah + ayat kauniyah, berkembanglah ilmu pengetahuan dan teknologi. Orang pertama yg mengambil ilmu dari ayat kauniyah,  anak Adam bernama Qabil. Menggunakan ayat kauniyah berupa seekor burung Gagak.


فَبَـعَثَ اللّٰهُ غُرَا بًا يَّبْحَثُ فِيْ الْاَ رْضِ لِيُرِيَهٗ كَيْفَ يُوَا رِيْ سَوْءَةَ اَخِيْهِ ۗ قَا لَ يَاوَيْلَتٰۤى اَعَجَزْتُ اَنْ اَكُوْنَ مِثْلَ هٰذَا الْغُرَا بِ فَاُ وَا رِيَ سَوْءَةَ اَخِيْ ۚ فَاَ صْبَحَ مِنَ النّٰدِمِيْنَ  ۛ 

"Kemudian Allah mengutus seekor burung gagak menggali tanah untuk diperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana dia seharusnya menguburkan mayat saudaranya. (Qabil) berkata, Oh, celaka aku! Mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini sehingga aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini? Maka, jadilah dia termasuk orang yang menyesal."

(QS.5 = Al-Ma'idah ayat 31).


Anak cucu Adam berikutnya dpt membuat pesawat terbang, menyimak ayat kauniyah, mencontoh burung melayang. 

Dpt membuat kapal laut atas pelajaran ayat kauliyah bahtera nabi Nuh. Dpt membuat kapal selam terinspirasi ayat kauliyah ttg kisah nabi Yunus ditelan ikan.

Banyak lagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terinspirasi dari Al-Qur'an dan fenomena alam. Sejalan dg ayat yg  ke lima bahwa Allah akan mengajari manusia


عَلَّمَ الْاِ نْسَا نَ مَا لَمْ يَعْلَمْ ۗ 

"Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya."

(QS. 96 = Al-'Alaq ayat 5).


Manusia yg sungguh2 melakukan penelitian2, percobaan2 terinspirasi dari ayat2 Allah kauliyah dan kauniyah,  oleh Allah dituntun untuk menemukan segala macam ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemaslahatan ummat manusia. Bahkan ada juga diantaranya dg ilmu dan teknologi yg ditemukannya membuat kerusakan dimuka bumi.


Dmkn salah satu tugas pokok dibebankan di pundak Rasulullah dlm SK keRasulan beliau.  Ku tulis artikel ini sambil nunggu antrian dokter di sebuah rumah sakit. Sbg renungan  singkat di hari ke 24 shaum Ramadhan 1442 H.

Sedangkan butir2 SK keRasulan Nabi Muhammad yg 4 lagi,  agar artikel ini tdk terlalu panjang, insya Allah di kesempatan mendatang.


Semoga kita dituntun Allah untuk dpt membaca sekaligus memahami ayat2 Allah baik kauliyah maupun kauniyah, selanjutnya selama hidup di dunia  dpt berbuat kebaikan di bawah tuntunan Allah.


آمِيّنْ... آمِيّنْ... يَا رَ بَّ العَـــالَمِيْ

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ

بارك الله فيكم

 وَ الْسَّــــــــــلاَمُعَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

M. Syarif Arbi.

Jakarta, 24 Ramadhan 1442 H.

06 Mei 2021.

(784.05.21).

No comments:

Post a Comment