Monday 22 August 2022

Bahaya "AKU.......PALING"

Tiba di Cairo 19 Juni 2022, langsung acara pertama kami "disambut penguasa Mesir di bbrp abad silam" yaitu Fir'aun, di NMECMUSEUM. Dipajang dilantai dasar, segala macam sebagian harta benda Fir'aun dan keluarga. Dilantai bawah tanah bersemayam mummi para Fir'aun di dalam peti kaca. Selama ini, akan segala sesuatu tentang Fir'aun telah diketahui sejak kecil dari para guru agama dan ustadz. Kini kami berkesempatan menyaksikan sendiri figur Fir'aun itu walaupun di dalam keranda kaca. Wajah tdk sempurna, tapi kira2 dpt direkonstruksi bahwa postur tubuh Fir'aun itu tidak besar tinggi. Tidak sebesar pengaruh kekuasaannya. Tidak sepadan dg dirinya yg diriwayatkan mengaku yg "paling". Dari kunjungan ini dpt diambil Ibrah, ternyata demikianlah kesudahannya bila seseorang mengaku, merasa "paling". Bila diri sdh merasa "paling", maka anggapan melebihkan "Aku", mulai timbul. Bila "aku" sdh meng "AKU",....... ini contoh bahayanya: Bahaya "AKU": قَالَ اَنَاۡ خَيْرٌ مِّنْهُ ۗ خَلَقْتَنِيْ مِنْ نَّارٍ وَّخَلَقْتَهٗ مِنْ طِيْنٍ "(Iblis) berkata, Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah." (QS. Shad ayat 76) وَقَالَ فِرْعَوْنُ يٰۤـاَيُّهَا الْمَلَاُ مَا عَلِمْتُ لَـكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرِيْ "Dan Fir'aun berkata, Wahai para pembesar kaumku! Aku tidak mengetahui ada Tuhan bagimu selain aku". (QS. Al-Qasas ayat 38). Bentuk merasa "aku....paling", ini tak heran sampai kini dan nanti jg tetap dimiliki oleh manusia. Karena sifat "aku ...... paling" ini usianya sudah lama seusia dg terciptanya manusia yaitu tak lama ssdh Adam tercipta. Iblis lah mahluk yg pertama menggunakan sifat "aku ....paling" tsb. antara lain seperti yg dikutip di atas pada surat Shad 76. Oleh karena itu sering terjadi orang yg sedang berkuasa, menganggap dirinya "yang paling". Penyakit ini dpt juga hinggap di orang terkenal, orang berlimpah harta dan bukan mustahil dimiliki ustadz dan ilmuwan. Semoga kita tdk termasuk orang yg menganggap diri "paling" tsb. آمِيّنْ... آمِيّنْ... يَا رَ بَّ العَـــالَمِيْ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ بارك الله فيكم وَ الْسَّــــــــــلاَمُعَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ M. Syarif Arbi. Jakarta, 5 Muharram 1444 H. 3 Agustus 2022. (1.008. 08.22)

No comments:

Post a Comment