Sunday 1 November 2020

Bencana Mengintai Setiap Saat.

 Ukuran waktu mulai dari detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun dan abad. Hidup manusia jarang sekali mencapai abad.

Sama setiap orang sehari se malam sama2 mendptkan alokasi waktu hidup selama 24 jam. 


Alokasi waktu 24 jam itu dirasakan berbeda bagi masing2 orang tergantung:


1. Aktivitas masing2 membuat waktu terasa lama atau sebentar.


2. Tingkat kemakmuran, menjadikan orang merasa biasa2 saja, atau merasa luaama sekali.


3. Suasana hati, alokasi waktu itu dirasakan menyenangkan atau sangat menyedihkan. 


4. Kadar kemampuan bersyukur, menentukan bahagia atau tdk bahagia kehidupan sepanjang hari selama hidup ini.


Kadang dlm mengejar sukses, mengejar karier, mengejar cita-cita banyak orang lupa bahwa dlm waktu 24 jam sehari semalam dpt saja terjadi apa yg diingatkan Allah 3 ayat berikut:

اَفَاَمِنَ اَهْلُ الْـقُرٰٓى اَنْ يَّأْتِيَهُمْ  بَأْسُنَا بَيَاتًا وَّهُمْ نَآئِمُوْنَ 

"Maka, apakah penduduk negeri itu merasa aman dari siksaan Kami yang datang malam hari ketika mereka sedang tidur?"

(QS. Al-A'raf ayat 97)

اَوَاَمِنَ اَهْلُ الْقُرٰٓى اَنْ يَّأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا ضُحًى وَّهُمْ يَلْعَبُوْنَ

"Atau apakah penduduk negeri itu merasa aman dari siksaan Kami yang datang pada pagi hari ketika mereka sedang bermain?"

(QS. Al-A'raf ayat 98)

اَفَاَمِنُوْا مَكْرَ اللّٰهِ  ۚ  فَلَا يَأْمَنُ مَكْرَ اللّٰهِ اِلَّا الْقَوْمُ الْخٰسِرُوْنَ

"Atau apakah mereka merasa aman dari siksaan Allah (yang tidak terduga-duga)? Tidak ada yang merasa aman dari siksaan Allah selain orang-orang yang rugi."

(QS. Al-A'raf ayat 99).


Warning Allah di 3 ayat ini seharusnyalah semua orang senantiasa waspada bahwa dlm waktu 24 jam, setiap yg hidup di bumi ini, bencana dpt saja terjadi. 


Bencana/siksa baik menimpa diri pribadi, keluarga, kampung/desa, kota dan negara bahkan dunia ini. 


Oleh karena itu, apapun kegiatan kita dan apapun status sosial kita. Pilihan adalah jangan ter-lena2 amat dg urusan dunia sehingga lupa  berserah diri kpd Allah. Sebab bencana/siksa dpt terjadi kapan saja tak peduli kita sdg terlena dlm kesuksesan dan suka cita, atau dlm keterpurukan dan duka nestapa. 


Berserah diri selalu setiap urusan, setiap keadaan kpd Allah adlh mrpk wujud iman dan taqwa. Di ayat sblm ayat2 yg dikutip di atas terdpt maklumat Allah:


وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰۤى اٰمَنُوْا وَا تَّقَوْا لَـفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَآءِ وَا لْاَ رْضِ وَلٰـكِنْ كَذَّبُوْا فَاَ خَذْنٰهُمْ بِمَا كَا نُوْا يَكْسِبُوْنَ

"Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertaqwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan."

(QS. Al-A'raf ayat 96).


Diri, ummat suatu negeri yg sll hati2, bahwa bencana bisa saja datang tiba2 pada sembarang waktu, boleh jadi siang, mungkin juga malam, atau tidak diketahui kapan akan terjadi. Ke-hati2 an itu akan menjelma menjadi beriman dan bertaqwa. Beriman dan bertaqwa mrpkn kunci limpahan berkah dari Allah. Orang beriman dan bertaqwa sll takut bermaksiat, rajin beribadat.


Demikian smg ada manfaatnya.

اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ

“Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.”


اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَشْيَتَكَ فِي الغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ وَأَسْأَلُكَ كَلِمَةَ الحَقِّ فِي الغَضَبِ وَالرِّضَى وَأَسْأَلُكَ القَصْدَ فِي الغِنَى وَالفَقْرِ وَأَسْأَلُكَ نَعِيْمًا لاَ يَنْفَدُ وَقُرَّةَ عَيْنٍ لاَ تَنْقَطِعُ


“Ya Allah, aku memohon rasa takut kepada-Mu disaat tidak terlihat maupun disaat terlihat manusia, dan aku memohon kepada-Mu ucapan yang benar di saat sedang marah maupun saat ridha, dan aku mohon kepada-Mu sifat hemat di saat berkecukupan maupun di saat kekurangan, dan aku memohon kepada-Mu kenikmatan yang tidak akan habis, serta penyejuk mata yang tidak akan terputus.


آمِيّنْ... آمِيّنْ... يَا رَ بَّ العَـــال

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ

بارك الله فيكم

 وَ الْسَّــــــــــلاَمُعَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


M. Syarif Arbi.

Jakarta, 16 Rabiul awal 1442 H.

2 November  2020.

(682.11.20).

No comments:

Post a Comment