Sunday 8 March 2020

Pentingnya Perhatian

Seorang ayah kerjaannya bgt sibuk, pulang kantor masih kerja lagi nulis atau ngadapi laptop di meja. 

Anak balita putrinya ingin sekali  memamerkan kemampuannya melipat kertas, untuk jadi dompet, jadi kipas, jadi pesawat, yg tadi di ajari guru Paud.

Diraihnya sesekali kaki ayahnya yg tengah konsentrasi duduk dikursi kerja. Ayah sambil sesekali menggoyangkan kaki, maksudnya agar tangan si putri lepas, sambil ngomong :"Sebentar sayang ayah lagi kerja niii. Besok pagi harus jadi".

Setelah berkali-kali usahanya meminta perhatian si ayah akhirnya Putri tertidur di lantai tak jauh dari meja kerja ayahnya diruang tengah.

Bunda kemudian menggendong Putri dibaringkan ke tempat tidur.
Bundapun tdk pula sharing kpd ayah, seharusnya dpt membagi perhatian untuk anak, jangan perhatian terlalu terkosentrasi kpd pekerjaan.

Mungkin dlm tidurnya dia ber mimpi mendapat apresiasi dari ayahnya. Dia pun lega dan esok ke group paud lagi, dia akan belajar sesuatu yg lain lagi untuk di pamerkan ke ayah.

Mungkin juga dlm tidurnya si Putri bermimpi, menangis sejadi-sejadinya lantaran hasil karyanya yg ia banggakan tdk mendpt penghargaan dari si ayah. Dlm mimpinya; si ayah malah merusak mainan yg tlh dibuatnya dg susah payah itu.

Bangun tidur Putri kecewa, hampir dia tak mau ikutan sekolah, kalau tidak malu dg teman2 sebaya di sekitar kediaman, rasanya malas Putri berangkat.

Hari itu di Paud, Putri murung, mengundang tanya pengasuh Paud, namun dia tak mau ungkapkan masalah ganjelan hatinya.....
Hari2 dilalui Putri tanpa motivasi..
.......... bgmn pertumbuhan jiwanya........

Al-Aqraa bin Harits melihat Nabi Muhammad mencium al-Hasan lalu berkata, “Wahai Rasulullah, aku mempunyai sepuluh orang anak, tetapi aku belum pernah mencium mereka.” Rasulullah bersabda, “Aku tidak akan mengangkat engkau sebagai seorang pemimpin apabila Allah telah mencabut rasa kasih sayang dari hatimu. Barang siapa yang tidak memiliki rasa kasih sayang, niscaya dia tidak akan disayangi.”

Kasih sayang antara lain ditunjukkan dg seperti contoh Rasulullah, tetapi juga dlm wujud perhatian.

Agaknya masalah ketidak seimbangan perhatian Nabi Yacob terhadap anak2nya lah penyebab  Nabi Yusuf dizalimi oleh saudara2nya. Nabi Yacob memberikan PERHATIAN lebih kpd Yusuf dan Bunyamin (saudara seibu-sebapak), ketimbang saudara2nya yg lain, dari lain ibu. Diabadikan dlm Al-Qur'an. surat Yusuf ayat 9.
٭قْتُلُوْا يُوْسُفَ اَوِ اطْرَحُوْهُ اَرْضًا يَّخْلُ لَـكُمْ وَجْهُ اَبِيْكُمْ وَ تَكُوْنُوْا مِنْۢ بَعْدِهٖ قَوْمًا صٰلِحِيْنَ
"Bunuhlah Yusuf atau buanglah dia ke suatu tempat agar PERHATIAN ayah tertumpah kepadamu, dan setelah itu kamu menjadi orang yang baik.".

Selanjutnya masalah bgmn seharusnya membagi PERHATIAN.

Nabi Muhammad s.a.w. diarahkan Allah dpt kita simak lengkap dlm Al-Qur'an surat ke 80; Abasa. kita kutipkan  ayat 6 dan 10 dan 11:
فَاَ نْتَ لَهٗ تَصَدّٰى ۗ 
"maka engkau (Muhammad) memberi PERHATIAN kepadanya,"
(Ayat 6).
Nabi Muhammad s.a.w. lbh memperhatikan pembesar  Quraisy, dari pada seorang buta.
فَاَ نْتَ عَنْهُ تَلَهّٰى ۚ 
"engkau (Muhammad) malah mengabaikannya."
(ayat 10)

Sikap dmkn ditegur Allah di ayat 11:
كَلَّاۤ اِنَّهَا تَذْكِرَةٌ ۚ 
"Sekali-kali jangan (begitu)! Sungguh, (ajaran-ajaran Allah) itu suatu peringatan,".

* Kisah sikap ayah thdp putrinya di atas.
* Petunjuk Rasulullah wujud bentuk kasih sayang dg memberikan PERHATIAN kpd putra-putri.
* Peristiwa yg benar2 terjadi di abadikan dalam Al-Qur'an dikutip di atas.
Dmkn pentingnya PERHATIAN bagi pertumbuhan jiwa anak.
Dmkn pertingnya PERHATIAN dlm keharmonisan keluarga.
Dmkn pentingnya PERHATIAN dlm hubungan sosial kemasyarakatan.

Smg kita menjadi arif dan bijak dlm mengelola PERHATIAN, selaras dg situasi, kondisi sesuai petunjuk Allah dan RasulNYA.

Aamiin.
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ
Barakallahu fikum
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif arbi.

No comments:

Post a Comment