Sunday 19 May 2019

Panen shaum Ramadhan

Sebetulnya diri kita ini masing2 jujur. Kalau sampai muncul ketidak jujuran sesungguhnya bukan dari kita, tapi dari perewangan kita y.i. bangsa Jin bernama QORIN sejenis Syaithan. Atas ijin Allah dianya mengajak manusia antara lain bebuat tidak jujur (kemungkaran). Refer QS Al-Bakarah 268.
اَلشَّيْطٰنُ يَعِدُكُمُ الْـفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَآءِ  ۚ  وَاللّٰهُ يَعِدُكُمْ مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلًا  ۗ  وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ 
"Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kemiskinan kepadamu dan menyuruh kamu berbuat keji (kikir), sedangkan Allah menjanjikan ampunan dan karunia-Nya kepadamu. Dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui."

Kembali potensi jujur didiri ini, jika sanggup mengeksploitirnya dg baik. Maka kala menjelang senja dekat waktu berbuka. Kitapun review aktivitas kita seharian tadi, apa saja dan kemana saja. Naah disitu terasa buah shaum kita hari ini seberapa bernas dan ranumnya. Atau terdpt cacat, kurang bernas, terserang hama.

Padahal dlm mempersiapan puasa agar menghasilkah buah taqwa ditulisanku mempersiapkan Ramadhan melalui permisalan:
Buah berpuasa Ramadhan adalah "Taqwa". Jika taqwa itu buah, maka buah mrpk hasil dari tanaman. Dg tamsil tanaman, maka untuk menanam tanaman agar berbuah sesuai yg diinginkan haruslah dilaksanakan persiapan2 sblm menanam. Ada 7 langkah bercocok tanam; y.i:
1. Persiapan Lahan, tlh kutulis di hari kedua Ramadhan
2. Bibit, sdh kutulis buat shaum hari ke tiga.
3. Sistem tanam, tlh kutulis renungan shaum hari keempat
4. Pemupukan, tlh kutulis dihari kelima.
5. Perawatan shaum sdh jadi bahasan ditulisan di puasa hari ke enam.
6. Panen
7. Pasca panen.

PANEN hasil SHAUM.
Buah shaum akan panen raya disaat Syawal. Sebenarnya harianpun sdh panen berupa peningkatan ketaqwaan dari hari kehari. Hasil panen raya syawal, dipertahan sampai ujung  Sya'ban yad. Justru bukti bahwa shaum Ramadhan berbuah taqwa adalah perilaku ssdh Ramadhan apakah menjadi lebih baik dan dpt dipertahankan sampai akhir Sya'ban.
Buah taqwa dpt dinikmati didunia dlm 4 anugerah Allah. Y.i. :
1. Dimudahkan sgl urusan
2. Selalu ada jalan keluar setiap problem.
3. Diberi reziki tak disangka-sangka.
4. Diberikan kecukupan.
Ciri khas bila tawqa ada didiri, adalah bilamana:
1. Benar2 takut kpd Allah dlm arti menjauhi semua larangan Allah dan semaksimal mungkin melaksanan semua perintah Allah 2. Beribadah sesuai petunjuk Allah dan tuntunan Rasulullah.
3. Bersyukur atas rezeki meskipun cuma sedikit.
4. Tercemin dlm pola hidup sll mempersiapkan masa depan (akhirat).

Smg buah shaum kita hingga hari ke tujuh ini ranum dan bernas selanjutnya berdampak positip untuk kehidupan dunia dan akhirat kita. Aamiin.

Sekiranya para pembaca memandang ada sisi baik  tulisan ini, saya berterima kasih jika berkenan meneruskannya kpd sanak keluarga teman handai taulan. Umpama kurang manfaat cukup sampai di anda saja.
Jika baik, mutlak milik Allah dan RasulNya. Umpama terdpt salah dan khilaf dari diriku karena dangkal ilmu dan cetek pengalaman. Mhn dimaklumi sklgus dimaafkan.

Barakallahu fikum
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif arbi.

No comments:

Post a Comment