Wednesday 7 February 2018

GERHANA BULAN

Pas akhir bulan pertama th 2018 miladiyah, bertepatan bulan purnama Jumadil awwal 1439 H., terjadi gerhana bulan diistilahkan media "super blue blood moon". Andaikan bulan dpt ditanya mungkin dia ndak tau kenapa gerhananya kali ini diberi nama begitu.
Konon gerhana bulan sprt tadi malam, langka, terjadi 150 tahun sekali. Yg lalu konon th 1886. Kalau diukur dg usia kemungkinan hidup bangsa awak yg hanya 72.2 th., yaah 2 kali lenbih dikitlah. Artinya anak yg lahir digerhana malam tadi butuh 2 kali mati dan 2 lahir kembali baru liat lagi gerhana bulan macam malam tadi.
Alhamdulillah ummat Islam di Indonesia menyambut peristiwa itu dg takbir, dg shalat, dg berdo'a, dan bersedekah sesuai kadar kemampuan masing-masing.
Yang menarik, gerhana bulan kali ini jamaah shalat gerhana bulan tidak seperti di gerhana bulan sebelumnya. Jamaah bgt mbludak. Masjid (1km dari rmhku) atas dasar pengalaman yl disediakan snack sebnyk 150 kotak maksudnya sekedar untuk menetralkan lapar bagi jamaah yg biasanya ssdh shalat isya makan malam, karena shalat gerhana cukup lama diperkirakan dg khutbahnya krg lebih 60 menit. Padahal shalat gerhana ssdh isya. Ternyata jamaahnya lebih 1000, diantaranya wanita sktr 20%.
Rupanya jamaah yng membludak bukan saja di masjid di jl percetakan Neg. No. 1 Jkt pusat itu saja. Masjid di dekat rumahkupun jamaahnya sampai hrs masang karpet di jalan. Walau pengumuman bahwa akan ada shalat gerhana baru diumumkan waktu menjelang magrib. Kalau masjid yg 1 km dari rumahku itu (dimana ku dipercaya sbg ketua pembina) memang sdh lebih seminggu diumumkan dan dipublikasikan pakai pengumuman dinding sekalian pake gambar ustazd yg jadi khatib dan imamnya, ya wajar kalau rame jamaah yg tau.
Menurut kabar didaerah seluruh tanah airku ini khusus tahun ini dmk antusias ummat Islam berjamaah shalat gerhana di masjid.
Boleh donk aku melayangkan lamunanku ke gerhana bulan "super blue blood moon" yg akan datang, jadi 150 th lagi.
Lamunanku: 150 th yad, masih ada kah dinegeriku ini orang shalat gerhana, artinya masih adakah pemeluk Islam. aku jelas ketika itu sdh jadi almarhum dan mungkin namakupun org tak pernah tau lagi.
Islam dng al-Qur'annya memang di jamin Allah akan langgeng sampai hari kiamat. Seperti di tegaskan Allah
اِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَاِنَّا لَهٗ لَحٰـفِظُوْنَ
"Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur'an, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya."
(QS. Al-Hijr 15: Ayat 9)
Tapi jaminan ini agaknya untuk didunia, tetapi bukan di jamin untuk negeri kita. Akankah msh ada anak cucu kita memeluk agama Islam terpulang kepada ikhtiar kita yg hidup sekarang. Mampukah kita menurunkan akidah agama Islam ini ke anak cuvu kita.
Fenomena dan aromanya terakhir ini kian mencemaskan. Ramenya jemaah di masjid agaknya tak sekaligus sbg indikator kualitas keberagamaan meningkat.
Sdh banyak orang yg menitipkan Allah di masjid. Mulai memisahkan agama dg aktivitas keseharian. Ktka berinteraksi dlm masyarakat kaidah agama tak diacu. Lantas kejahatan terjadi dlm berbagai sektor dan lapangan kegiatan. Tak jarang melibatkan orang berilmu tinggi terlibat korupsi.
Nah kalau begini apakah gerhana "super blue blood moon" yg akan datang msh adakah shalat gerhana bulan di masjid kita????
Smg lamunanku itu tak terjadi, yg terjadi malah kedepan bangsa ini makin menjadi bangsa yg relegi warganya menjadikan TUHAN sbg pendampingnya dimana saja dirinya berada bukan hanya di masjid, tetapi dlm bekerja di kantor atau dijalan di instansi dan institusi, berdagang dipasar dan sgl bursa. Dng demikian menjadi takwa dan Allah menurunkan keberkahanNya, keturunan yg shaleh dan shalihah. Amien.
Wain yakun shawaban faminallah. Wa in yakun khathaan faminni waminanassyaitan,. Wallahu warasuluhu bari ani minhu. (Dan sekiranya benar, maka itu datang dari Allah. Dan sekiranya salah, maka berarti datangnya dariku sendiri dan dari syaitan. Allah serta RasulNya berlepas diri daripadanya). Untuk itu mhn dimaklumi sekaligus dimaafkan, satu dan lain karena kekurangan pengalaman dan ilmu ku. Barakallhu fikum. Wallahu 'alam bishawab.

1 comment:

  1. Tepung ikan untuk pakan ternak ayam dengan kaya protein yang cukup berkualitas dengan memiliki kandungan mineral dalam membuat pakan ternak. Caranya dengan mengkunjungi htpps https://tajenonline.live
    Sudah bisa membaca artikel selanjutnya. Yuk langsung kunjungi situs kami.

    Bagikan info ini kepada penggemar ternak ayam...

    ReplyDelete