Thursday 23 April 2020

Shaum berbuah Takwa

Memasuki Ramadhan 1441H kemarin tlh kuturunkan tulisan "Menyiapkan shaum Ramadhan". dg formulasi persiapan itu 7 langkah:
1. Pemilihan bibit.
2. Penyediaan lahan.
3. Sistem tanam
4. Pemupukan
5. Perawatan
6. Pemanenan
7. Perlakuan pasca panen.

Langkah 1 dan 2 tlh kucoba menulisnya, mudah2 ada manfaatnya. Kini memasuki hari pertama shaum Ramadhan 1441 H. kuteruskan ke langkah berikutnya:

ad 3. SISTEM TANAM.
Yaitu bgmn pelaksanaan shaum itu,.......... ada beberapa pilihan. Menurut Iman Al-Ghazali ada tiga model.
a. Shaumul 'aam. Intinya adlh  puasa perut dan syahwat.
b. Shaumul khusus. Intinya yg dipuasakan perut, syahwat, + pancaindra dan anggota tubuh.
c  Shaumul khususul khusus. Puasa total: perut, syahwat, pancaindra, anggota tubuh juga hati dan fikiran.

Nah sistem puasa macam mana yg dipilih,  tentu masing2 individulah yg menentukan sesuai kesanggupan. Hasil akhir, adlh di tangan Allah semata yg Maha Tau. Kita ikhtiar selanjutnya berserah diri kepada-NYA.

Sekali lagi mari kita berikhtiar untuk memilih sistem puasa sebaik-baiknya, karena banyak orang yg berpuasa tak dpt apa2 kecuali Lapar dan Dahaga.

Sabda Rasulullah SAW,

رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الْجُوعُ وَالْعَطَشُ، وَرُبَّ قَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ قِيَامِهِ السَّهَرُ
“Betapa banyak orang berpuasa namun balasan dari puasanya hanyalah lapar dan dahaga semata. Dan betapa banyak orang melakukan shalat malam (tarawih dan witir) namun balasannya dari shalatnya hanyalah begadang menahan kantuk semata.” (HR. Ahmad no. 8856, Abu Ya’la no. 6551, Ad-Darimi no. 2720, Ibnu Hibban no. 3481 dan Al-Hakim no. 1571. Syaikh Syu’aib al-Arnauth berkata: Sanadnya kuat).

Kalaulah ingin digali hikmahnya, ketika mewabahnya virus Korona ini, kita lbh berpeluang untuk mencapai model puasa yg terbaik karena:

*Physical/dan social distancing mengkondisikan kita tidak berinteraksi langsung dg orang lain, agaknya mengurangi risiko menilai orang lain dan bnyk lagi potensi dosa terhindar dg tdk berkumpul banyak orang.

*Terbatasnya kegiatan, mengurangi kemungkinan dosa anggota tubuh, indra, lisan, hati dan fikiran dari tak sengaja berbuat dosa.

*Fikiran menjadi lbh terfocus ke- kuasaan Allah yg bgt hebat. Hanya dg menurunkan mahluk-NYA berbentuk virus; kalang kabut Raja yg paling kaya sekalipun di dunia, negara yg paling kuat dan canggih sekalipun persenjataannya. Ilmuan yg paling hebat dan tinggi sekalipun ilmunya.

*Sadarlah kita bahwa hanya dg do'a dg mengharap Allah mengabulkan mencabut virus ini, barulah manusia terbebas dari musibah yg dahsyat ini.

Cukup dulu ulasan ttg "Sistem Tanam", terkait shaum Ramadhan. اِنْ شَآءَ اللّٰهُ
Pemupukan, Perawatan, Pemanenan dan Perlakuan pasca panen Shaum Ramadhan disusulkan ditulisan yad.

Smg Allah menerima taubat kita semua ummat manusia didunia ini dan mengijabah do'a kita. Agar musibah ini sgr berakhir.

Smg shaum kita hari ini dpt terlaksana sebaik-baiknya, dosa2 kita diampuni Allah dan do'a kita di ijabah. Diberi Allah kekuatan untuk berpuasa di hari2 selanjutnya dan diberi kesempatan berbuat kebaikan.

Aamiin.
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ
Barakallahu fikum
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif Arbi.
Jakarta 1 Ramadhan 1441 H.
24 April 2020.

No comments:

Post a Comment