Friday 27 December 2019

WAKTU tak dapat DIULANG

Akhir tahun 2019 nanti jatuh dihari Selasa. Bila maulah menengok akhir tahun  bbrpa tahun sblmnya dpt disusun sbb:
Akhir th 2018 jatuh hari Senin
Akhir th 2017 jatuh hari Minggu
Akhir th 2016 jatuh hari Sabtu
Akhir th 2015 jatuh hari Kamis
Akhir th 2014 jatuh hari Rabu
Akhir th 2013 jatuh hari Selasa
Akhir th 2012 jatuh hari Senin

Dari realita ini dpt disimpulkan bahwa WAKTU tak akan BERULANG. Akhir tahun suatu tahun tak akan sama dengan tahun kapanpun sebelum maupun sesudahnya.

Tahun 2012 dg tahun 2018 betul sama2 hari Senin. Tapi tahunnya sudah beda. Yg satu Senin 31 Desember 2012 yg satunya lagi Senin juga, 31 Desember juga tapi tahun beda 2018.

Dg dmkn sampai kapanpun waktu itu tak dapat diulang. Tahun 2019 yg akan kita tinggalkan sampai kiamat tak dpt dijumpai lagi. Begitulah waktu, berlalu tak pernah kembali.

Setiap pergantian tahun, karena WAKTU tak dpt  di ULANG, maka menjadi saat yg tepat untuk:
1. Evaluasi
2. Replanning
3. Persiapan masa DEPAN.

EVALUASI.
Tentang amal perbuatan yg tlh dilakukan dlm tahun2 sebelumnya.

Seberapa banyak sdh salah dan dosa. Kita tak dpt kembali kpd masa lalu untuk tidak jadi berbuat dosa yg tlh terjadi. Sudah terlanjur, apa hendak dikata tinggal tafakur diujung tahun ini bertaubat. Dengan tekad tahun depan tak ulangi lagi dosa itu.

Seberapa banyak kebaikan yg sdh dilakukan, untuk ditingkatkan di tahun depan.

REPLANNING
Menyusun ulang rencana bersikap dan berbuat agar terhindar dari dosa2 tahun2 lalu. Merencanakan perbuatan baik yg akan dilakukan tahun depan, lebih baik lagi.

PERSIAPAN MASA DEPAN....

Berbahagialah orang beriman bahwa MASA DEPAN orang beriman bukan sekedar hari esok dan lusa dan hari seterusnya.

Masa depan orang beriman disamping masa depan di dunia, yg teramat penting masa depan di akhirat. Orang beriman yakin kehidupan akhirat lebih kekal;
وَّاِنَّ الْاٰ خِرَةَ هِيَ دَا رُ الْقَرَا رِ
("dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal)."

Sedangkan  kehidupan dunia;
 اِنَّمَا هٰذِهِ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا مَتَا عٌ ۖ 
"Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara)"  (QS. Ghafir ayat 39).

Dlm konteks perbandingan kehidupan dunia dan akhirat seperti ayat di atas maka orang beriman menjiwai betul pesan Allah di surat Al-Hasyr ayat 18;
يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌۭ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍۢ ۖ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرٌۢ بِمَا تَعْمَلُونَ
"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan".

Hari akhirat dipersiapkan sebaik-baiknya. O.k.i. setiap tutup hari (akan tidur) tiga hal di atas y.i.: Evaluasi, Replanning dan Persiapan masa depan jangka pendek senantiasa dilakukan oleh orang beriman. Karena maut sesuatu yg sangat dekat. Setiap saat dpt datang menjemput.

Apalagi tutup tahun 31 Desember 2019 nanti. Evaluasinya tahun2 lalu. Replanningnya tahun2 yad. Persiapan masa depannya bukan saja di dunia tapi di akhirat, penting dilakukan.

Adalah baik, jika malam pergantian tahun nanti untuk tafakur guna diri diukur.

Bukan malah berhura hura menghamburkan biaya. Hura2 selain menghaburkan biaya juga bukan tak mungkin mengundang bencana.

Smg Allah rahmati bangsa Indonesia dan lindungi dari segala bencana dan mara bahaya. Aamin.
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ
Barakallahu fikum
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif arbi.

No comments:

Post a Comment