Monday 2 December 2019

Nilai INFAK dan SeDeKah

Di Jakarta kue "Ca Kwe" kini sdh ada penjual membandrol 5ribu; satu, jadi kalau hari Jum'at ada kotak amal liwat di depan anda, bila anda masukkan 2rb, nilainya kurang  dari separo kue "Ca Kwe".

Untungnya uang 2rb bila dikonversi ke kurma, masih lbh dari sebiji kurma. Tapi membeli kurma kan ndak mungkin bisa hanya sebiji.

Dari hsl konversi (uang 2rb vs kurma), maka biarpun anda hanya punya uang 2ribu untuk infak/sedekah usah berkecil hati, sebab
Rasulullah ada berpesan,....

 مَنْ اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ أَنْ يَسْتَتِرَ مِنْ النَّارِ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ فَلْيَفْعَلْ
"Siapa di antara kalian yang mampu melindungi dirinya dari api neraka meskipun dengan setengah biji kurma, maka hendaklah ia melakukannya." (H.R. Muslim no. 1687).

Jadi jangan remehkan penginfak/penyedekah hanya mampu nominal 2rb, mereka atas dasar ihlas dan sanggupnya segitu, rutin pula; insya Allah akan mampu melindungi dirinya dari api neraka.

Tentu ukuran nilai infak dan sedekah akan beda NILAI, tergantung penghasilan orang yg berinfak/bersedekah.

Seorang berpenghasilan 20jt/bulan dibanding dg tukang "apalah"..... yg hanya berpengasilan 20ribu/hari.

Hampir dpt diduga si tukang "apalah" ......, penghasilan 20rb/hari, nilai infak/sedekahnya tentu lbh tinggi dibanding orang yg berpenghasilan 20jt/bln jika infak/sedekahnya sama2 sebesar 2rb.

Parameter nilai infak/sedekah berikutnya adlh "keihlasan". D.h.i. boleh jadi si berpenghasilan 20jt/bln mengeluarkan 2rb mungkin keihlasan ybs lbh tinggi, sebab 2rb ndak berarti apa2 buatnya. Namun bagi yg ngais rezeki hanya dpt 20rb/ hari, 2rb udh 10%, mengeluarkan duit segitu penuh perjuangan dan pengorbanan.

Teringat kisah Semut dan Gagak sering di bawakan penceramah (walau konon tak merujuk dalil hadist apalagi Al-Qur'an), dimana semut membawa setetes air, untuk memadamkan api membakar Nabi Ibrahim. Hal itu dicemooh oleh Gagak, karena menurut Gagak bgt sia2 upaya Semut tak mungkin memadamkan api dg setetes air. Namun si Semut telah berbuat sesuatu sesuai kemampuannya.

Sedekah/infak 2rb ......... (analog kisah Semut), mrpk wujud perbuatan baik seseorang sesuai kemampuannya....

Wallahu'alam bishawab.

Barakallahu fikum
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif arbi.

No comments:

Post a Comment