Friday 21 September 2018

Do'a Keselamatan



Doa ini banyak dibaca oleh imam shalat berjamaah, di masjid2 yg melazimkan doa dipimpin imam setelah shalat. Namun, banyak penulis artikel mengabarkan belum mengetahui sumber doa ini apakah dari hadits atau dari ulama.
Lafaz doa sbb:
اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Dari 10 untaian kalimat doa ini tersusun 3 besaran pemohonan kpd Allah y.i. tentang keadaan:
1. Selama menjalani hidup:
a. Keselamatan dlm agama.
b. Kesehatan jasad.
c. Tambahan ilmu.
d. Keberkahan rezeki.
2. Menjelang maut:
a. Taubat sblm dtg maut.
b. Rahmat sblm dtg maut.
c. Ampunan stlh dtg maut.
d. Mudah mengahadapi sakratal maut.
3. Sesudah meninggal.
a. Selamat dari api neraka
b. Ampunan disaat hisab.

Siklus kehidupan manusia stlh lahir, menjalani kehidupan dlm kurun waktu tertentu. Mau tidak mau, suka tdk suka pasti mengalami maut.

Dua tahapan dijalani, mau tidak mau oleh setiap insan, sedang tahapan ke 3 yakni ssdh maut ada yg percaya ada pula yg tdk.

Bagi yg tak percaya kehidupan ssdh mautpun ketika hidup setiap orang berhajat akan agama, sekalipun dianya mengaku tidak percaya Tuhan. Tetap saja dihati kecil, nuraninya mengakui ada pihak yg ghaib berkuasa atas dirinya.
* Bagi orang beriman mhn tlg kpd Allah agar tdk salah memilih cara melaksanakan ketaatan beragama.
* Guna melaksanakan setiap ibadah haruslah berjasad bugar, sehat.
* Ibadah hrs didasari ilmu.
* Banyak rangkaian ibadah hrs didukung oleh harta bersumber dari rezeki.
* Betapa banyakpun rezeki bila tak berkah tak akan berarti apa2.
Rezeki berlimpah bila jasad tak sehat niscaya akan habis. Rezeki berlimpah tdk digunakan ibadah, akan sia2 buat siempunya harta. Sebab harta yg ditinggal mati untuk ahli waris, yg kebawa mati hanya yg dibuat ibadah. Bgt erat korelasi agama, kesehatan, ilmu dan rezeki. Pantas agaknya tergabung dlm rangkaian doa tersurat di atas.

Besaran kedua ketika menghadapi maut. Mhn diterima taubat, Mhn ampunan stlh maut. Kerugian paling tak terhingga bila maut dtg menjemput taubat blm diterima Allah.

Mhn kemudahan menghadapi maut, sungguh mabuk maut dmkn dahsyatnya, maka dimohonkan pertolongan Allah.
Mhn rahmat Allah sblm dan bahkan ssdh maut, karena orang beriman yakin bahwa dirinya tak pernah akan masuk surga bila hanya mengandalkan ibadahnya, tanpa rahmat Allah.
Cita2 terakhir orang beriman adalah terhindar dari azab api neraka, untuk mencapai hal tsb.perhitungan kebaikan hrs lbh banyak dari dosa. Hitungan itu terjadi di saat yaumil hisab.

Lengkaplah bila di ijabah Allah doa di atas, untuk keselamatan dunia dan akhirat. Walau doa ini seperti diungkap diawal, blm diketahui sumber hadistnya, tetapi butir2 nya mewakili dunia akhirat.
Adapun doa selamat yang bersumber dari hadits shahih, diriwayatkan oleh Imam Muslim
اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ
Artinya: Ya Allah, Engkaulah Tuhan keselamatan. Dari keselamatan. Maha Suci Engkau, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Dmkn sbg hamba Allah yg lemah berdoa hrs senantiasa kita panjatkan kpd Allah agar tak tergolong sombong.
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْۤ اَسْتَجِبْ لَـكُمْ اِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ
Dan Tuhanmu berfirman, Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk ke Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.
(QS. Ghafir 40: Ayat 60).
Barakallahu fikum.
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif Arbi.4

No comments:

Post a Comment