Friday 10 January 2020

PASTI BERAKHIR

Masih ingat Wartel?. usaha jasa komumunikasi pada zamannya, cukup lama bertahan. Serial berikutnya Warnet, yg ini hanya sejurus, lantaran kmdn internet setiap orang cukup di telapak tangan.

Setiap hadir suatu teknologi baru, lantas menelan teknologi sebelumnya. Mesin ketik yg ditemukan oleh Christopher Sholes, pada tahun 1868, kini tinggal jadi sejarah dg ditemukan komputer dan printer.

Dmkn juga teknologi elektronik, telokomunikasi dan transportasi, dg lahirnya teknologi baru di bidang2 tsb teknologi lama yg tertinggal lalu ditinggalkan. Beberapa kegiatan usaha dengan teknologi lama/system lama tak dpt lagi diteruskan.

Video  dan tape recorder cukup lama era pakai kaset. Berganti lagi dengan CD tak lama kemudian lahir flash disk.

Bgtlah adanya produk apapun di dunia ini sudah siklusnya; ada masa mulai (pertumbuhan), ada masa jaya. Nanti pasti datang masa suram dan hilang.

Jangan kan lagi suatu produk, diri awak pun semula tiada, muncul kedunia, bertumbuh, remaja, kadang sampai tua, seterusnya pasti pergi tinggalkan dunia ini. Apatah lagi diri ini sedang dunia inipun akan sirna.
Maha benar Allah melalui firmannya.
مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ
"Apa yang ada di sisimu akan lenyap"
(QS. An-Nahl ayat 96).

Bagi pembaca yg seusiaku, masih ingat ketika masih remaja dulu, melihat kakek2 dan nenek2, melangkah sdh tak gagah. Agaknya sekarang sdh tiba giliran kita turun naik anak tangga udh hati2.

Sering pula kita mengantarkan orang sebaya Ortu atau Ortu  kita ke peristerahatan terkhir. Kadang kita tak ingat bahwa awakpun entah kapan diantarkan kesana juga. Memang soal mati ndak pandang usia. Tapi kalau sdh tua pasti mati. Hidup ini pasti berakhir, sama seperti siklus produk dan teknologi. Produk dan teknologi berakhir jayanya oleh teknologi baru. Manusia berakhir manakala Rohani berpisah dengan Jasmani.

Produk dan teknologi lama tercatat dlm sejarah. Diri kita,........... hanya orang yg terkenal baik atau terkenal buruk saja yg tercatat dlm sejarah. Namun bagi yg iman, yakin bahwa diri ini tidak hilang bgt saja stlh dikubur tapi ......nanti masing2 dihidupkan kembali tanpa kecuali orang terkenal atau tak terkenal di suatu hari .........

  يَوْمٌ مَّجْمُوْعٌ ۙ لَّهُ النَّا سُ وَذٰلِكَ يَوْمٌ مَّشْهُوْدٌ
"hari ketika semua manusia dikumpulkan (untuk dihisab), dan itulah hari yang disaksikan (oleh semua makhluk)."
(QS. Surat ke 11, Hud ayat 103)

Dlm menjalani kehidupan, lika-liku dilalui. Ada giliran temui kesuksesan, keberhasilan membuat bahagia. tak jarang pula alami kesulitan, kegagalan, membuat sedih/ kecewa. Silih berganti senang dan susah bgtlah siklus kehidupan.

Smg kita insyaf sehingga ketika sukses tak usah terlalu gembira meluap2, sampai muncul kebanggaan bahwa diri sendirilah yg mencapainya, menafikan penyertaan Allah. 
Manakala gagal tak pula terlalu nyungsep me-ratap2; hingga putus asa dan berburuk sangka kepada Allah, kemudian malah menjauhi Allah.
Sikap orang beriman "sukses bersyukur, gagal bersabar".

Allah ingatkan:
لِّـكَيْلَا تَأْسَوْا عَلٰى مَا فَاتَكُمْ وَلَا تَفْرَحُوْا بِمَاۤ اٰتٰٮكُمْ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُوْرِ
"Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu, dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri"
(QS. Al-Hadid ayat 23).

Dari uraian di atas maklumlah kita bahwa semua ini akan berakhir.

Wallahu alam bishawab.
Barakallahu fikum
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif arbi.

No comments:

Post a Comment