Monday 6 January 2020

Merawat Takwa (bagian 4)

Merawat Takwa bagian 1 dan 2 dan 3  sdh terpublish, bahwa merawat lbh sulit dari membangun. Saya kemukakan ada ikhtiar yg dpt dilakukan guna merawat takwa.  Dari ENAM resep yg saya tawarkan 5 telah dibahas y.i :

1. Penuhi janji kpd Allah
2. Merasa diri diawasi Allah
(telah ditulis di bagian 1)

3. Evaluasi diri setiap hari
4. Penalty diri bila terlanjur lalai.
(sudah diurai dibagian 2)

5. Berserah diri (Tawakal. telah di bahas di bagian 3)

Dibagian 4 ini kita telusuri konsep ke 6 merawat takwa y.i:

HINDARKAN DIRI dari PERANGKAP IBLIS.

Iblis tlh berjanji untuk menggelincirkan manusia seperti komunike Allah dg Iblis

قَا لَ فَبِعِزَّتِكَ لَاُ غْوِيَنَّهُمْ اَجْمَعِيْنَ ۙ 
"(Iblis) menjawab, Demi kemuliaan-Mu, pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya,"
(QS. Sad ayat 82)

Keinginan Iblis menyesatkan manusia, tlh dilegalisir Allah seraya berfirman:

لَاَ مْلَئَنَّ جَهَنَّمَ مِنْكَ وَمِمَّنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ اَجْمَعِيْنَ
"Sungguh, Aku akan memenuhi Neraka Jahanam dengan kamu dan dengan orang-orang yang mengikutimu di antara mereka semuanya."
(QS. Sad ayat 85).

Untuk melaksanakan misinya iblis akan datang kepada manusia dari berbagai sisi:

ثُمَّ لَاٰ تِيَنَّهُمْ مِّنْۢ بَيْنِ اَيْدِيْهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ اَيْمَا نِهِمْ وَعَنْ شَمَآئِلِهِمْ ۗ وَلَا تَجِدُ اَكْثَرَهُمْ شٰكِرِيْنَ
"kemudian pasti aku akan mendatangi mereka dari depan, dari belakang, dari kanan, dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur."
(QS. Al-A'raf ayat 17).

Iblis datang dari DEPAN
Dari depan ialah Iblis membayangkan kepada manusia, masa depan didunia ini sangat tidak pasti. Kalau ndak dipersiapkan dg matang maka akan sulit, masa depan suram. Iblis membisikkan: Jangan lengah untuk mempersiapkan diri dari sekarang. Kumpulkan harta sebanyak mungkin untuk cadangan masa depan. Gunakan kesempatan sebaik-baiknya selagi bisa, Iblis memberi bayangan bhw yg namanya kesempatan tak mungkin terulang. Bila sempat korupsi harus korupsi sebab blm tentu ada kesempatan di lain waktu. Bgt jg perbuatan maksiat dan kecurangan lainnya dianjurkan Iblis dg memberikan bayangan masa depan di dunia. Kata Iblis "kalau takut dosa ndak merasa" (semboyan ini kadang masuk ke para remaja).
Sedangkan untuk akhirat Iblis memberikan bisikan masa depan "blm tentu". Dibisikkan dlm hati bhw siksa neraka itu blm tentu ada. Surga blm tentu ada. Blm pernah ada orang yg pergi ke akhirat sana. Iblis membisikkan siksa kubur tak mungkin ada bahkan sering kita mendengar orang berolok-olok bhw mati itu enak, abis persoalan. Buktinya ndak pernah orang kembali stlh mati. Begitu a.l. bisikan dari arah depan.

Iblis datang dari BELAKANG.
Dari arah belakang Iblis mendatangi dg memberikan rasa bangga akan diri, bangga akan prestasi yg tlh dicapai selama ini. Kalau kbtln sukses, Iblis tanamkan rasa sombong di hati. Kpd org lain dirinya sll mengatakan bahwa kesuksesan  ini berkat kerja kerasku, berkat keuletanku. Si Sukses menafikan pertolongan Allah atas suksesnya. Akibatnya org yg terbujuk Iblis dari blkng, bila ada org dlm kesususahan mhn pertolongannya, bukan ditolong malah dikatakan malas, kurang usaha coba liat dia. Tak berpangku tangan, banting tulang, mutar otak, peras keringat, makanya sukses.

Iblis datang dari KANAN
Jelmaan Iblis dari kanan orang yg kita sayangi bisa jadi anak dan istri boleh jadi sebagai mitra kita atau partnership dlm urusan dunia. Mereka ini juga tak kalah besar andilnya dlm menjauhkan diri kita dari Allah. Dpt berupa mereka mengajak dlm berusaha menghalalkan apapun caranya asal berhasil. Giliran kita celaka karena ajakan/anjuran mrk, partnership, mitra kerja itupun berlepas diri. Umpamanya sampai dihadapkan ke pengadilan dunia kadang malah jadi saksi yg memberatkan.
Iblis masuk melalui orang yg kita sayangi, anak2 dan istri dpt dlm wujud dorongan mendptkan rezeki yg menghalalkan semua cara.

Iblis datang dari KIRI.
Iblis masuk melalui rival kita, melalui saingan kita. Kesuksesan pesaing membuat kita pusing tujuh kelililing, bgmn untuk mengalahkan,  paling tidak menyamai pesaing. Jika persaingan masih positif dan fair itu baik, barangkali dari malaikat. Tapi bila sudah dg licik dan unfair serta curang untuk bersaing disinilah bukti di diri ini Iblis udah datang dari arah kiri.

Kedatangan Iblis dari empat arah ini universal untuk siapa saja.

Perangkap Iblis dmkn banyak; ditebarnya ketika mendatangi manusia dari 4 arah disebutkan diayat 17 Al-A'raf dikutip di atas. Baik kiranya diketahui 5 diantaranya  perangkap Iblis itu y.i.:
1. Bangga diri, merasa paling.......
2. Anggap enteng dosa kecil.
3. Tunda kebaikan.
4. Pamer Ibadah.
5. Senang orang susah. Susah orang senang.

Smg kita tidak masuk ke perangkap Iblis. Aamin.
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ
Barakallahu fikum
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif arbi.

No comments:

Post a Comment