Monday 12 August 2019

USIA pasti DITUTUP namun HIDUP dpt DIPERPANJANG

Dmkn ramainya di poli jantung rumah sakit hari ini, dimana aku salah seorang diantaranya. Dua pekan lalu ku dijadwalkan dokter tgl 13-08-2019, di pasang HOLTER. Alat ini dilengketkan di dada, untukku selama 24 jam, besok ke RS lagi untuk membuka dan membacanya. Itulah ikhtiar manusia untuk menyehatkan diri. Bukan soal menunda maut atau memperpanjang usia, tapi masalah usaha/ikhtiar untuk sehat. Sebab orang yg sakit2an blm tentu tutup usia. Kadang justru yg sehat tiba2 mendahului.

Usia manusia sdh ada takarannya paling panjang 100 tahun; kalau lbh dari itu sepertinya kehidupan sdh menyusahkan anak cucu dan diri sendiri.

Usia harapan hidup di Indonesia:
Thn 2004 = 68,6 tahun
Thn 2015 = 70,8 tahun
Thn 2035 diprediksi 72,2 tahun
(Sumber: Kemenkes)

Tarohlah kita hidup maksimal dari data di atas y.i. 72.2 tahun. Jadi para pembaca dpt mulai ngukur sisa berapa usia anda. Ada yg mungkin tinggal 12, 10, 5 thn dsbnya tergantung di posisi berapa usia anda sekarang. Naaah tinggal sekian lagi akan TUTUP USIA.

Begitulah usia jika sdh sampai waktunya tak mungkin dpt diperpanjang sudah baku setiap yg hidup pasti kan mati.
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ
"Katakanlah, Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu,
(Alqur'an surat Al-Jumu'ah ayat 8)

Walau USIA tak dpt diperpanjang, tapi HIDUP dpt diperpanjang, maknanya meskipun diri sudah meninggal dunia tapi seolah-olah kita masih hidup. Salah satunya ialah orang mati sahid.
وَلَا تَقُوْلُوْا لِمَنْ يُّقْتَلُ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ اَمْوَاتٌ بَلْ اَحْيَآءٌ وَّلٰـكِنْ لَّا تَشْعُرُوْنَ
"Dan janganlah kamu mengatakan orang-orang yang terbunuh di jalan Allah (mereka) telah mati. Sebenarnya (mereka) hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya"
(Alqur'an surat. Al-Baqarah ayat 154)

Peluang untuk mati sahid di era sekarang agaknya mulai berkurang. Yg sepadan dg mati sahid dlm hal HIDUPNYA PANJANG adalah:
1. Orang meninggalkan jasa yg dipergunakan terus oleh ummat manusia juga hidupnya panjang sama panjang jasa dan hsl perjuangannya masih digunakan dan dinikmati orang.
Bangsa kita banyak para pejuang kadang mendpt predikat pahlawan atau tidak, tapi hsl perjuangan mrk kita nikmati sampai skrg dan nanti. Bung Karno dan Bung Hatta tetap hidup dihati bangsa Indonesia, setidaknya tiap 17 Agustus namanya disebut. Bgt pula para pahlawan lainnya dari seluruh tanah air.
2. Orang yg meninggalkan karya yg bermanfaat untuk kehidupan manusia, para penemu, penulis tulisan mencerdaskan ummat manusia, para nabi dan rasul. Contoh Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad, mereka tidaklah mati terbunuh di jalan Allah. Tetapi kedua nabi ini terus hidup sepanjang masa, in sya Allah sampai hari kiamat. Khusus yg beragama Islam wajib menyebut namanya setiap shalat. Khusus nabi Ibrahim diakui oleh seluruh agama samawi. Perjuangan Nabi Ibrahim memberikan contoh melaksanakan perintah Allah apapun risikonya. Nabi Muhammad dg perjuangan menyampaikan risalah agama Allah.
Contoh karya besar a.l.:
* Iman Ghazali dg tulisan2nya
* di Indonesia a.l. Hamka yg namanya tetap hidup dihati masyarakat.
* Pendiri N OE dan pendiri Muhammadiyah namanya masih terus dikenang berarti beliau2 hidupnya panjang.

Lain halnya dg kita, mungkin juga saya sendiri. Cicit saya kemungkinan msh tau nama saya. Sampai cucu dari cicit saya, mungkin mereka sdh tak tau lagi nama diri saya.

Kalau tak dpt seperti para penemu listrik, penemu pesawat terbang dan alat2 transportasi, alat telekomunikasi, sarana sosmed dll.
Bukan pula penggagas ide, penulis buku bermutu, seperti contoh di atas.

Nah sbg ikhtiar MEMPERPANJANG HIDUP, bila anda punya harta yg lumayan disisa usia anda gunakanlah harta itu buat investasi akhirat. Semisal:
* ikut membesarkan lembaga2 pendidikan,
* bila sanggup membangun sekolah, rumah ibadah.
* Fasilitas umum dll yg berguna bagi masyarakat, sampai ke generasi yad.

Berbahagialah orang yg dpt memperpanjang hidupnya karena sejatinya usia ini terbatas adanya. Perpanjangan hidup insya Allah dpt dilakukan dg a.l.:
* Meninggalkan AMAL JARIAH di atas.
* Meninggalkan hasil perjuangan.
* Mewariskan untuk umum hasil karya dan penemuan yg bermanfaat.

Smg kita dpt memilih jalan memperpanjang hidup sesuai kemampuan masing2. Aamiin.
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ
Barakallahu fikum
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif arbi.

No comments:

Post a Comment