Tuesday 20 August 2019

.....BerAmal shaleh KUASAI dunia

Iman, Ilmu, harta dan Amal Shaleh adlh empat terminology  yg hanya mungkin disandang/dimiliki ummat manusia, tak mungkin mahluk lain, seperti Malaikat, Iblis (Setan) dan Zin.

Malaikat, beriman sekaligus mungkin berilmu dan mereka memang mahluk yg didesain Allah untuk taat kpd Allah, beribadah kpd Allah tapi bukan dlm artian beramal shaleh. Beramal SHALEH dan beramal SALAH itu potensi manusia.
Malaikat berilmu, merujuk ke surat Al-Baqarah ayat 30.

وَاِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلٰٓئِكَةِ اِنِّيْ جَاعِلٌ فِى الْاَرْضِ خَلِيْفَةً ۗ قَالُوْۤا اَتَجْعَلُ فِيْهَا مَنْ يُّفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَآءَ ۚ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَـكَ ۗ قَالَ اِنِّيْۤ اَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ
Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, Aku hendak menjadikan khalifah di bumi. Mereka berkata, Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu? Dia berfirman, Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.

Manusia juga berilmu setelah diberi ilmu oleh Allah tentunya:

وَعَلَّمَ اٰدَمَ الْاَسْمَآءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلٰٓئِكَةِ فَقَا لَ اَنْبِۢـئُوْنِيْ بِاَسْمَآءِ هٰۤؤُلَآ ءِ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ
"Dan Dia ajarkan kepada Adam nama-nama (benda) semuanya, kemudian Dia perlihatkan kepada para malaikat seraya berfirman, Sebutkan kepada-Ku nama semua (benda) ini, jika kamu yang benar!"
(QS. Al-Baqarah ayat 31)

Iblis, Setan. Mahluk ini jelas berilmu, juga beriman (iman dlm arti percaya kpd Allah, iblis jelas beriman sebab ybs pernah dialog langsung kpd Allah). Dia ingkar kpd Allah. Sdgkan amalnya tdk amal SHALEH tetapi amal SALAH bahkan mengajak kpd amal buruk, sehingga Allah sampai ingatkan (lihat surat An-Nur 21).
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰن وَمَنْ يَّتَّبِعْ خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِ فَاِنَّهٗ يَأْمُرُ بِالْـفَحْشَآءِ وَالْمُنْكَرِ;; وَلَوْلَا فَضْلُ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهٗ مَا زَكٰى مِنْكُمْ مِّنْ اَحَدٍ اَبَدًا وَّلٰـكِنَّ اللّٰهَ يُزَكِّيْ مَنْ يَّشَآءُ
; وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ
"Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Barang siapa mengikuti langkah-langkah setan, maka sesungguhnya dia (setan) menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan mungkar. Kalau bukan karena karunia Allah dan rahmat-Nya kepadamu, niscaya tidak seorang pun di antara kamu bersih (dari perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

Jin, mereka sama diturunkan ke bumi bersama manusia. Masyarakat jin lain dg manusia,  makan minumnya beda.
Untung buat manusia, jin tak makan makanan manusia, tdk minum minuman manusia. Pasar, kedai, restoran yg jual makanan-minuman tak kehilangan dagangan mereka. Sbgmn diketahui jin tak kasat mata. Kalaulah jin makan/minum makanan/minuman manusia tentu gampang sekali mereka ngambilnya.
Persamaan jin dg manusia mereka  diciptakan juga untuk beribadah kpd Allah. 
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَا لْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ
"Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku."
(QS. Az-Zariyat ayat 56)

Tapi jin tdk diciptakan sbg khalifah dimuka bumi, tdk dibebani beramal shaleh.

Ketiga mahluk Allah (malaikat, jin dan iblis) berlainan misi dg manusia a.l. karena mereka  tidak memiliki HARTA. Ketiga mahluk Allah itu tidak terbebani BERAMAL SHALEH hanya manusialah yg merangkum Ilmu, Iman, Harta dan Amal shaleh.

Dalam hal kombinasi ilmu, iman, harta dan amal shaleh manusia dpt  terkelompok:

1. Banyak harta, iman mantap, tinggi ilmu, maksimum amal shaleh. Manusia kelompok ini paling beruntung. Kita berusaha dan berdo'a agar masuk kelompok ini.

2. Banyak harta, tipis ilmu, tapi tebal iman, karenanya banyak amal shaleh. Manusia kelompok ini, lumayan tapi kalau anda di posisi butir "1" dan "3"  tolong cari jalan  membimbingnya, agar amal saleh kelompok ini tidak salah.

3. Tinggi ilmu, tak berharta, iman kuat, oleh sebab itu banyak amal shaleh sesuai kemampuan hartanya yg tak seberapa. Manusia kelompok ini hrs banyak ikhtiar bersinergi dg kelompok berharta dlm rangka meningkatkan amal shaleh.

4. Tak berilmu, juga miskin harta, tipis pula iman, tak mau pula beramal shaleh. Manusia paling rugi. Cari jalan mendekatinya guna menambah ilmu mereka, meningkatkan iman mereka, agar dpt juga beramal shaleh.

Seperti disinggung di atas bahwa Malaikat, Iblis, jin dan manusia dibedakan oleh harta dan amal shaleh. Jelas Iblis, jin dan Malaikat tdk berharta. 
Makanya Malaikat dan jin hanya dpt ibadah kepada Allah, mereka tdk terbebani beramal shaleh.
Sedangkan Iblis, diapun juga tdk berharta. Mahluk yg satu ini ingkar kepada Allah, karena itu mereka mengajak manusia untuk ingkar juga kepada Allah.

Amal shaleh dari sudut bahan, sarana yg digunakan untuk beramal, dpt dibedakan menjadi 2 yaitu:

1. Amal shaleh tanpa menggunakan harta; berupa tenaga, pemikiran, ide atau gagasan, zikir, juga termasuk sholat.

2. Amal shaleh menggunakan harta yaitu sadakah, infak, zakat juga termasuk haji.

Dari kedua model amal shaleh ini agaknya ganjaran yg diperoleh pun berbeda.

Amal shaleh tanpa harta tertuju kpd kemaslahatan ummat atau ibadah sosial lazim disebut kebaikan, diganjar Allah dg 10 kali lipat.
مَنْ جَآءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهٗ عَشْرُ اَمْثَالِهَا
Barang siapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. (Al-An'am 160)

Sedangkan bila beramal shaleh dg harta diganjar Allah 700 kali lipat
مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ; كَمَثَلِ حَبَّةٍ
اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. (Al-Baqarah 261)

Bgt hebatnya perbandingan amal shaleh immateril, dibanding amal shaleh berwujud harta, 10 berbanding 700. Karena manusia memang cenderung sayang kepada harta, makanya diberikan motivasi yg tinggi.

Marilah kita berlomba berbuat baik beramal shaleh dengan harta juga tenaga, pikiran gagasan amal sosial lainnya. Jadi yg 700 didpt yg 10 pun tak luput.

Jadi amal SHALEH hanya mungkin dilakukan oleh manusia.

Dengan definisi AMAL SHALEH adalah "Berbuat kebaikan untuk kemaslahatan manusia, baik dg harta, fikiran, tenaga dan ide", maka yg dpt beramal shaleh itu tdk sebatas orang beriman saja. Tetapi  orang tak berimanpun dpt melakukan AMAL SHALEH.
Bahkan Allah menjanjikan bagi yg beramal shaleh akan MEWARISI bumi ini.
وَلَـقَدْ كَتَبْنَا فِى الزَّبُوْرِ مِنْۢ بَعْدِ الذِّكْرِ اَنَّ الْاَرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِيَ الصّٰلِحُوْنَ
"Dan sungguh, telah Kami tulis di dalam Zabur setelah (tertulis) di dalam Az-Zikr (Lauh Mahfuz),
bahwa bumi ini akan diwarisi oleh hamba-hamba-Ku yang saleh."
(QS. Al-Anbiya ayat 105).

Janji Allah ini terbukti bagi kita sekarang ini, bahwa bumi ini diwariskan Allah kepada bangsa2 yg dengan kreatifitasnya dengan ide2nya menciptakan teknologi yg canggih untuk kemaslahatan ummat manusia. Perbuatan mereka itu termasuk AMAL SHALEH. Karena amal shaleh merekalah, a.l. kita bersua di medsos, dpt meluaskan komunikasi termasuk dakwah. Karena amal shaleh mereka berupa penemuan  teknologi, hari ke hari peradaban dibumi ini makin maju shg kita menjalani hidup dan ibadah semakin mudah. Wajar kalau Allah katakan:
اَنَّ الْاَرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِيَ الصّٰلِحُوْنَ
(sungguh bumi ini akan diwarisi hamba2 Allah yg beramal shaleh).
Wajar bangsa yg menguasai ilmu dan teknologi menjadi pewaris (penguasa) dunia.
Suatu bangsa bila ingin menjadi penguasa (pewaris) di dunia ini hrs menguasai ilmu dan teknologi. Pencipta, Penguasa ilmu dan teknologi adlh melakukan AMAL SHALEH.

wallahu 'alam bishawab.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ
Barakallahu fikum
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif arbi.

No comments:

Post a Comment