Thursday 18 October 2018

JUMANTIK

Mungkin maksud singkatan di atas Ju= Juru. Man= Pemantau. Tik= Jentik. Jadi "Juru Pemantau Jentik". Suatu ihtiar Pemerintah DKI Jakarta memutus siklus hidup nyamuk demam berdarah. Anggota Jumantik rutin tiap pekan kunjung ke rumah penduduk. Mereka meneliti bak2 penampungan air, barang bekas yg berpotensi adanya jentik2 nyamuk Aides Aigypti. Bgmn di daerah anda???.

Hampir setiap pergantian musim dari kemarau ke penghujan dan sebaliknya, kehawatiran mewabahnya demam yg ditenggarai oleh ulah nyamuk Aides Aigypti. Tak jarang setiap berjangkitnya demam berdarah, rumah2 sakit dipenuhi pasien, bukan sedikit biaya yg hrs dikeluarkan untuk penanggulangannya. Oleh karena itu langkah prefentif JUMANTIK harus didukung.

Nyamuk adalah mahluk ciptaan Allah, namanya diabadikan dlm Al-Quran.

Seperti dlm surat Al-Baqarah ayat 26
اِنَّ اللّٰهَ لَا يَسْتَحْـيٖۤ اَنْ يَّضْرِبَ مَثَلًا مَّا بَعُوْضَةً فَمَا فَوْقَهَا; فَاَمَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا فَيَعْلَمُوْنَ اَنَّهُ الْحَـقُّ مِنْ رَّبِّهِمْ ۚ; وَاَمَّا الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فَيَقُوْلُوْنَ مَاذَاۤ اَرَادَ اللّٰهُ بِهٰذَا مَثَل  يُضِلُّ بِهٖ كَثِيْرًا وَّيَهْدِيْ بِهٖ كَثِيْرًا; وَمَا يُضِلُّ بِهٖۤ اِلَّا الْفٰسِقِيْنَ
"Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan seekor nyamuk atau yang lebih kecil dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, mereka tahu bahwa itu kebenaran dari Tuhan. Tetapi mereka yang kafir berkata, Apa maksud Allah dengan perumpamaan ini? Dengan (perumpamaan) itu banyak orang yang dibiarkan-Nya sesat, dan dengan itu banyak (pula) orang yang diberi-Nya petunjuk. Tetapi tidak ada yang Dia sesatkan dengan (perumpamaan) itu selain orang-orang fasik".

Bgt juga Lalat diciptakan. Dmkn kecilnya itu lalat. Dikabarkan Allah, bahwa Lalat sanggup mengambil harta manusia.

يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٌ فَاسْتَمِعُوْا لَهٗ; اِنَّ الَّذِيْنَ تَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ لَنْ يَّخْلُقُوْا ذُبَابًا وَّلَوِ اجْتَمَعُوْا لَهٗ;; وَاِنْ يَّسْلُبْهُمُ الذُّبَابُ شَيْـئًـا لَّا يَسْتَـنْـقِذُوْهُ مِنْهُ ضَعُفَ الطَّالِبُ وَالْمَطْلُوْبُ
"Wahai manusia! Telah dibuat suatu perumpamaan. Maka dengarkanlah! Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah tidak dapat menciptakan seekor lalat pun walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, mereka tidak akan dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Sama lemahnya yang menyembah dan yang disembah".
(QS. Al-Hajj 22: Ayat 73)

Nyamukpun bgt juga mahluk yg kecil itu dpt merampas harta benda, karena penyakit yg disebarkannya, keluar biaya tak sedikit untuk berobat.

Terciptanya nyamuk, tdk hanya mendatangkan mudharat tetapi banyak juga karena nyamuk timbul berbagai bisnis yg menghidupi banyak orang. Diantaranya Jumantik bertugas membasmi jentik2 bakal nyamuk penyebar penyakit tersebut, juga mrpkn aktivitas.

رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًا
Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia. (Ali Imran 191).

Barakallahu fikum
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif arbi.3

No comments:

Post a Comment