Sunday 6 October 2019

Manfaat INGAT dan LUPA

Di desa terpencil yg penduduknya tdk padat serta keamanan msh prima, ternak Sapi dan Kambing tiada bertali. Bgt petang hari kelompok ternak tsb.menggerombol menuju rumah tuannya masing2 dan tidur dikandang yg disiapkan pemilik. Ini bukti hewan mempunyai daya ingat.

Dari fenomena alam ini diketahui bahwa bukan hanya manusia yg punya daya INGAT dan sifat LUPA, rupanya hewanpun juga sangat kuat ingatannya. Dalam pada itu sifat lupa hewan dlm hal2 tertentu dmkn hebat. Ada pepatah "hanya Keledai terperosok di lobang yg sama", si Keledai lupa tempat lobang dia pernah terperosok. Ngulang terperosok lagi.

Sekelompok Ayam sekitar pkl 17.20 mereka sdh kembali ke tempat istirahat mereka. Itu berlangsung terus saban hari menjelang maghrib. Selanjutnya mereka menyusun diri puluhan ekor tak saling gusur ditempat masing2. Ini pertanda daya ingat ayam cukup tinggi. Kebersamaannyapun begitu kental.

Dalam pada itu sifat lupa ayam juga tinggi. Ku duduk di teras depan bersantai di pagi atau dihari siang. Beberapa ekor ayam naik ke teras rumah, kadang sambil ninggalkan kotoran (telek). Mereka ku usir dg benda senemunya dilempar sesuatu, lalu menjauh. Eee sebentar lagi sdh lupa, datang lagi.Diusir lagi, lupa lagi.

MANUSIA

Allah SWT menganugerahkan pada diri manusia, sifat lupa, selain itu Dia juga melekatkan sifat ingat.  Banyak sekali manfaat dua sifat tersebut sehingga menjadikan manusia sebagai makhluk yang sangat istimewa di muka bumi ini.

Berkat daya ingat, berkembang ilmu pengetahuan dan budaya. Dengan daya ingat lahir ketentuan yg disepakati bersama jadi aturan hidup bermasyarakat disuatu bangsa dan pergaulan antar bangsa. Timbul perdagangan dan transaksi di dlm suatu negara dan antar negara. Ini bedanya daya ingat manusia dan hewan. Daya ingat manusia dinamis, ingatan yg lalu dikreasikan untuk lbh baik lagi bagi keperluan hidup, shg berubah dari waktu ke waktu menuju lbh baik. Sedangkan hewan ingatan mereka statis, dari dulu ayam tidur bertengger. Dari dulu, sekarang insya Allah sampai nanti burung Pipit membuat sarang; bahan, desain dan ukuran tetap seperti itu. Beda dg manusia, membangun rumah; desain, bahan, model berkembang terus dari zaman ke zaman.

Berkat sifat lupa, manusia dpt bangkit kembali bila diri dirundung duka nestapa dan derita, kegagalan usaha. Berkat sifat lupa, lahirlah maaf, dg melupakan kesalahan orang lain. Justru dlm kaidah agama, harus melupakan kesalahan orang, kendati yg bersalah tdk meminta maaf. Memberi maaf adalah lebih utama dari pada sedekah. (Al-Baqarah ayat 263)

قَوْلٌ مَّعْرُوْفٌ وَّمَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِّنْ صَدَقَةٍ يَّتْبَعُهَاۤ اَذًى وَاللّٰهُ غَنِيٌّ حَلِيْمٌ
"Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi tindakan yang menyakiti. Allah Maha Kaya, Maha Penyantun".

Hewan lupa, benar2 lupa, sesuatu yg mengancam dirinyapun bila tlh berlalu mereka lupa. Sesuatu yg mungkin mencelakakan itu dpt saja dia lalui/temui sama sekali tdk mereka waspadai. Contoh di atas Keledai dpt terperosok di lobang yg sama.

Manusia menyelaraskan INGAT dan LUPA. Manusia tetap mengingat sesuatu yg walau sdh bgt lama dilupakannya. Misalnya sesuatu yg membahayakan, sesuatu yg pernah mengecewakan, sesuatu yg pernah menggagalkan, tetap diingat agar bila ketemu macam itu tdk terulang kembali.

Bila seseorang berjanji tak di tepati. Si ingkar janji tak kan dipercaya seumur hidup. Bahkan orang tertentu, akan memberitahukan si pengkhianat janji kpd orang lain agar waspada, jangan percayai janji2 si pengingkar janji itu supaya tidak ikut tertipu. "Sekali lancung ke ujian seumur hidup orang tak percaya".

Bgt lengkap sifat yg dianugerahkan Allah kpd manusia, dianugerahi LUPA agar tidak larut dlm duka nestapa, dpt memaafkan. Dikaruniai sanggup meng-INGAT supaya menjadikan hal2 yg tlh lalu jadi acuan dimasa depan, guna kemajuan.  Patut disyukuri serta dijalani dengan tawakkal.

Sifat INGAT jenis hewan manfaat untuk manusia, sangat terasa di pedesaan. Ternak ayam, bebek, kambing, sapi, disore hari pulang ke kandang.

Sifat LUPA hewan juga manfaat untuk manusia. Sapi pembajak sawah penghela grobak, sapi penarik Karapan segera lupa selesai berkegiatan, betapa keras lecutan cambuk memacu mereka bergerak.
Kuda penarik delman dan tunggangan, mereka segera melupakan selesai lari, betapa kerasnya cambuk tuannya ketika sedang memacu mereka, padahal mereka sdh berlari maksimal.

Ini semua karunia dan nikmat Allah untuk manusia yg tak dapat di dustakan.

Wallahu alam bishawab.

Barakallahu fikum
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif arbi.

No comments:

Post a Comment