Friday 13 July 2018

VIRUS IBADAH

Mungkin hal ini pernah dialami sembarang orang, apalagi mahasiswa. Flash disk terkontaminasi virus, tak disadari FD tsb di masukkan Lap top atau PC dirumah. Virus menular habislah semua data yang ada di PC/Lap top termakan virus yang dibawa oleh flash disk tersebut.
Begitulah perumpamaan tentang catatan amal dan ibadah kita bila telah terkena visrus, ia akan hapus, padahal sudah ber panjang masa kita menampung amal ibadah kita tersebut, dengan pengorbanan waktu, tenaga dan harta.
Ibaratnya seorang melakukan ibadah telah melakukan posting/input data dalam komputernya. Tetapi alangkah kaget dan kecewanya, setelah dibuka kembali komputer, semua postingan dalam komputer tersebut sudah hapus tidak terbaca lagi. Kenapa rupanya. Persoalannya terkena virus.
Adapun virus perusak ibadah tersebut dapat dikelompokkan ke dalam 8 (delapan) macam yaitu:
1. Riya.
Adalah suatu sifat manusia yang didorong oleh perasaan bathinnya, ingin agar setiap perbuatan kebaikan yang dilakukannya mendapat perhatian dari orang, bukan mengharapkan ridha Allah. Ingin mendapatkan pujian, penghargaan, salutasi dan sekurang-kurangnya terimakasih dari manusia.
Didalam Alqur’an masalah ini beberapa kali disinggung diantaranya di dalam sebagian surat Al Baqarah 264:
ۙ كَالَّذِيْ يُنْفِقُ مَالَهٗ رِئَآءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ ۗ فَمَثَلُهٗ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَاَصَابَهٗ وَابِلٌ فَتَرَكَهٗ صَلْدًا ۗ لَا يَقْدِرُوْنَ عَلٰى شَيْءٍ مِّمَّا كَسَبُوْا ۗ
"............, seperti orang yang menginfakkan hartanya karena riya (pamer) kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari Akhir. Perumpamaannya (orang itu) seperti batu yang licin yang di atasnya ada debu, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, maka tinggallah batu itu licin lagi. Mereka tidak memperoleh sesuatu apa pun dari apa yang mereka kerjakan. .............."
Virus ke 2 sampai ke 8, karena terbatas ruang disajikan singkat, insya Allah ditulis episode y.a.d. dg dalil2 yg menyertainya y.i.:
2. Summ’ah
Suatu perbuatan keji/tercela sekalipun, dilakukannya asal mendapat penilaian baik dari masyarakat.
3. Ujub
Kagum terhadap diri sendiri, bahkan kekaguman itu kadang diproklamirkan kepada orang lain. Virus ini biasa menyerang orang-orang yang sukses dalam masyarakat, orang yang sukses dalam hidup.
4. Takabur
Sering diterjemahkan “sombong”. Suatu sifat menganggap diri lebih tinggi lebih mampu dari orang lain.
5. Berbangga Diri
Sifat ini lahir bagi orang yang berpunya atau berkedudukan sosial tinggi, ia berjalan diatas muka bumi sambil membanggakan dirinya, bisa bangga dengan hartanya, bisa bangga akan keturunannya bisa bangga akan keadaan phisik dirinya.
6. Dengki
Senang bila orang susah, susah hatinya bila orang senang, harapannya bahwa orang lain tidak boleh menyamai dirinya. Kalau boleh kebahagian orang lain diperuntukkan kepadanya.
7. Dendam
Keinginan diri untuk membalas, perbuatan yang tidak baik yang pernah diterima dari orang lain, pembalasan ingin ditujukan kepada orangnya langsung, kalau tidak dapat kepada anak keturunan orang tersebut.
8. Pemarah
Orang kalau lagi marah, cara berbicaranya, cara berfikirnya sudah diluar kontrol. Dalam keadaan diluar kontrol ini, bisa saja keluar kata-kata yang menyakiti hati orang lain. Padahal bila hati orang disakiti, sulit bagi yang disakiti untuk melupakannya, walau sesudahnya meminta maaf. Bila belum meminta maaf, maka kelak di hari perhitungan pihak yang disakiti akan mengklaim dihadapan mahkamah Allah. Kemudian Allah akan mengurangi nilai kebajikan yang kita bawa untuk ditransfer ke pihak yang disakiti.
Demikian 1 diantara 8 virus ibadah qt kenali, harapan qt dg mengetahui virus tsb,qt dpt waspada agar tdk terkena.
Insya Allah virus berikutnya lbh detil kan qt kenali insya Allah dikesempatan mendatang. Barakallahu fikum. Wslm. M. Syarif Arbi.

No comments:

Post a Comment