Friday 13 July 2018

VIRUS IBADAH (summ'ah)

Dikemukakan ditulisan sblm ini bahwa ada 8 virus ibadah. 1 virus tlh diungkap pd kesempatan terdahulu yaitu; "Riya", adlh keingin seseorang; ibadahnya kpd Allah agar di apresiasi oleh manusia.
Jenis virus ibadah ke 2 "Summ'ah"; pengertiannya kurang-lebih "mengerjakan suatu perbuatan, dilakukan demi mendapat penilaian baik dari masyarakat, manusia, walaupun dimurkai Allah".
Misalnya, berbuat mengikuti saja adat kebiasaan masyarakat lingkungannya/kebiasaan nenek moyang walaupun perbuatan yang diikuti itu tidak sesuai dengan ketentuan Allah dan Rasulnya, bahkan tak jarang menjadikan menjurus ke SYIRIK.
Padahal begitu seseorang menjadi syirik habislah segala amal perbuatannya, karena dosa syirik tidak mendapat pengampunan Allah. (rifer surat An-Nisa 48)
اِنَّ اللّٰهَ لَا يَغْفِرُ اَنْ يُّشْرَكَ بِهٖ وَيَغْفِرُ مَا دُوْنَ ذٰلِكَ لِمَنْ يَّشَآءُ ۚ وَمَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَقَدِ افْتَـرٰۤى اِثْمًا عَظِيْمًا
"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Barang siapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar."
Tentang kebiasaan melakukan perbuatan berdalih melanjutkan tradisi nenek moyang. Melestarikan budaya, dsbnya.
Alasan meneruskan budaya nenek moyang bukan saja zaman kini, sdh sejak masa lampau, buktinya terabadikan dalam Alqur’an surat Al- A’raf 28:
وَاِذَا فَعَلُوْا فَاحِشَةً قَالُوْا وَجَدْنَا عَلَيْهَاۤ اٰبَآءَنَا وَاللّٰهُ اَمَرَنَا بِهَا ۗ قُلْ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَأْمُرُ بِالْفَحْشَآءِ ۗ اَتَقُوْلُوْنَ عَلَى اللّٰهِ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ
"Dan apabila mereka melakukan perbuatan keji, mereka berkata, Kami mendapati nenek moyang kami melakukan yang demikian, dan Allah menyuruh kami mengerjakannya. Katakanlah sesungguhnya Allah tidak pernah menyuruh berbuat keji. Mengapa kamu membicarakan tentang Allah apa yang tidak kamu ketahui?".
Sepertinya informasi summ'ah ini pantas buat qt mengira-ngira:
* Adakah perilaku/perbuatan qt atau keluarga qt atau kelompok masyarakat dimana qt ikut di dalamnya termasuk summ'ah
* Apakah qt masih berbuat sesuatu demi melestarikan atau/tradisi nenek moyang yg justru terindikasi sbg "SUMM'AH".
Dengan sudah:
* semakin cerdasnya qt bermasyarakat, mencerna setiap perilaku dan perbuatan,
* semakin lancarnya arus informasi sehingga begitu luasnya qt dpt mengakses penjelasan ttg agama dari ustadz/ustadzah yg berbobot didasari dalil2 orisinil.
Semoga qt semakin mampu memilih dan memilah mana tradisi/budaya nenek moyang yg msh layak diteruskan. Mana pula adat budaya nenek moyang yg bila diteruskan justru bersinggungan ke mempersekutukan Allah, mengingat bencana syirik mrpk virus perusak ibadah. Jembatan menuju syirik antara lain dpt saja terjadi melalui summ'ah.
Dmk seulas info mengenai salah satu virus ibadah, yaitu virus ke 2 dari 8 virus yg pantas diketahui, layak dihindari, insya Allah diulas mendatang. Virus ke 3 sampai ke 8, secara ringkas:
3. Ujub
Kagum terhadap diri sendiri, bahkan kekaguman itu kadang diproklamirkan kepada orang lain.
4. Takabur
Sering diterjemahkan “sombong”. Suatu sifat menganggap diri lebih tinggi lebih mampu dari orang lain.
5. Berbangga Diri
Sifat ini lahir bagi orang atas keadaan/kemampuan dirinya
6. Dengki
Senang bila orang susah, susah hatinya bila orang senang.
7. Dendam
Keinginan diri untuk membalas, perbuatan yang tidak baik yang pernah diterima dari orang lain.
8. Pemarah
Tak dpt mengendalikan emosi.
Smg qt semua terhindar dari virus ibadah. Aamiin. Waslm M. Syarif Arbi.

No comments:

Post a Comment