Saturday 30 August 2014

MODUS PENIPU SOK AKRAB



Sabtu 30 Agustus 2014, pukul 14.41 tanda waktu di HP ku, nada panggil terdengar. Pas sedang terlelap istirahat nyiapkan kebugaran untuk acara pengajian harus berangkat sebelum magrib pulang sesudah isya.
Yang menelpon menanyakan masih kenalkah dengar suaranya. Meskipun sebenarnya cara bertelepon seperti itu, tidak sopan, namun dengan masih terkantuk-kantuk kujawab dengan sopan, dengan pakai kata “maaf” bahwa aku tidak ingat, apalagi kulihat nomor itu belum terdaftar di HP ku. Yang bersangkutan mengaku nama teman sekelasku masih es em pe, 51 tahun silam. Nama yang disebutkan memang bertemu kembali denganku di Jakarta sekitar 3 tahun yang lalu, sekarang ybs berprofesi sbg pengusaha swasta.
Singkat cerita yang bersangkutan mengaku, kebetulan limit ATM miliknya habis, sementara istrinya harus masuk rumah sakit dan segera dioperasi. Orang yang mengaku teman es em pe ini minta pinjami duit dan berjanji akan mengganti paling lambat besok, kan besok limit ATM nya sudah terbuka lagi.
Kucoba berbahasa daerah yang “pasaran”, bahasa yang kupakai tidak begitu “medok”, dianya seperti ndak nyambung. Timbul kecurigaanku, karena biasanya orang kampungku kalau cuma bahasa daerahku yang “pasaran”, walau sudah lama di Jakarta masih ingat. Kecuali kalau kupakai bahasa yang “medok”, kebanyakan sudah ndak tau lagi. Karena dia tak lolos test ku itu, langsung kukatakan “Tidak dapat minjami uang”. Percakapan langsung diputus.
Beberapa saat kemudian, kucoba menghubungi ke nomor temanku yang namanya sempat dicatut tersebut, tidak diangkat. Sempat kuterpikir, kalau begitu mungkin juga itu teman ganti nomor baru. Kebetulan lagi, sejak kami bertemu kembali beberapa tahun yang lalu, itu kawan sudah tiga kali ganti nomor.
Rupanya teleponku yang tidak diangkat itu, kan jadi missed calls di HP si teman. Minggu pagi nada sambung HP ku berbunyi dan ketika kuangkat temanku itu menelponku. Setelah kuceritakan kepadanya ternyata, teman ini sama sekali tidak ada keluarga yang sakit apalagi minta pinjaman uang kepadaku. Hari Sabtu kemarin dianya sedang tugas keluar kota.
Semoga ada manfaatnya berita ini saya informasikan buat handai tolan, agar ingat bahwa penipuan lewat HP banyak sekali ragam dan kreasinya, saya sudah beberapa kali dengan model yang silih berganti dan ini yang terbaru.

No comments:

Post a Comment