Monday 11 March 2019

Khusyuk

Suatu yg lekas hilang dari sebagian orang, ialah khusyuk mereka kpd Allah. Apalagi di era persaingan kehidupan dunia dewasa ini menjadikan manusia harus serba sibuk. Tak jarang orang mampir ke rumah ibadah, berharap agar acara ibadah yg diikuti cepat selesai, sebab sudah di tunggu oleh suatu aktivitas yg hrs dilaksanakan.
Dlm hal ini Syaddad bin Aus mengatakan dia mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda: INNA AWWALA MAA YUR FAU' MINANNASIL KHUSYUK (Susungguhnya yg mula diangkat Allah dari hati manusia ialah rasa khusyuk itu).

Khusyuk dlm terminology Islam dpt diartikan konsentrasi/fokus ibadah kpd Allah semata, bukan karena yg lain selain Allah.

Perintah khusyuk ini, tidak serta merta bersamaan bgt Islam datang. Sblm keharusan khusyuk dlm shalat, makmum shalat kadang masih berbincang, misalnya nyusun rencana ssdh shalat.

Menurut khabar dari Abdullah bin Mas'ud perintah khusyuk baru di tegaskan Allah stlh 4 thn mereka menerima Islam, ternukil dlm surat Al-Hadid ayat 16:
Allah SWT berfirman:

اَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَنْ تَخْشَعَ قُلُوْبُهُمْ لِذِكْرِ اللّٰهِ وَمَا نَزَلَ مِنَ الْحَـقِّ ۙ

Artinya: Belumkah dtng masanya bagi orang-orang yg beriman, bahwa akan khusyuk hati mengingat Allah dan apa yg DIA turunkan dng kebenaran.

Jeda 4 th dari lahir Islam ke perintah khusyuk, mhn maaf bila saya jadikan tamsil, kemakluman thdp anak2 tdk khusyuk ketika shalat berjamaah di masjid.

Pendidikan shalat mulai usia 7 th, wajarlah kalau mereka kadang masih suka bercanda. Tapi harapan kita, terutama imam dan pengurus masjid, hendaklah terus menerus mengingatkan kpd anak2 kita agar jangan bercanda ketika shalat. Nah kalau udah masuk umur 10 tahun hendaklah mulai tegakkan ketentuan khusyuk itu lebih tegas. Cucu saya usia lima taunan, bila di ajak shalat jamaah di masjid, masih noleh pada saat ruku', sujud dan tahyat. Tamsil perintah khusyuk 4 tahun ssdh lahir Islam ini juga jadi dasar kemakluman. Namun terus menerus hrs kita ingatkan yg benar dlm shalat, baik ke yg 5 th, maupun 7 th lebih tegas ke yg 10 th.

Jujur kita akui, jamaah dewasa saja masih harus terus-menerus diingatkan. Buktinya imam shalat, tak bosan2nya berseru "Rapat kan dan luruskan shaf. Tlg yg didepan penuhkan dulu, baru shaf berikutnya. Isi shaf yg masih kosong". Tidak otomatis....., shaf masih aja mengular, masih aja yg lowong, belum lagi yg berperilaku membuka kaki lebar2. Mestinya shaf muat untuk 3 orang, cuma dpt 2 orang.

Akibat tdk khusyuk dlm shalat di beritahukan sekalian buat kita dilanjutan ayat 16 al-Hadid tadi:
  وَلَا يَكُوْنُوْا كَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ مِنْ قَبْلُ فَطَالَ عَلَيْهِمُ الْاَمَدُ فَقَسَتْ قُلُوْبُهُمْ ۗ  وَكَثِيْرٌ مِّنْهُمْ فٰسِقُوْنَ
"dan janganlah mereka (berlaku) seperti orang-orang yang telah menerima Kitab sebelum itu, kemudian mereka melalui masa yang panjang sehingga hati mereka menjadi keras. Dan banyak di antara mereka menjadi orang-orang fasik."

Tidak khusyuk dlm shalat HATI bakal menjadi KERAS selanjutnya menjadi orang FASIK.  Naudzubillahi min dzaliik.

Smg qt masa kini dng bnyak mendengar dakwah dan mengaji serta mengkaji Al-Qur'an semakin hebat ke khusyukan kita.

Aamiin. Barakallahu fikum
وَ الْسَّــــــــــلاَمُ
M. Syarif arbi.

No comments:

Post a Comment