Monday 30 October 2017

WASPADA

Sama setiap qt mendptkan alokasi waktu hidup sehari semalam 24 jam. Aktivitas qt masings lah yg membedakan alokasi waktu itu terasa singkat atau panjang. Tingkat kemakmuran masings qt lah yg membedakan alokasi waktu itu menyenangkan atau sangat menyedihkan. Kadar kemampuan masings qt bersyukurlah menentukan bahagia atau tdk bahagia kehidupan masings qt spanjang hari selama hdp ini.
Kadang dlm qt mengejar sukses, mengejar karier, mengejar cita-cita banyak qt yg lupa bahwa dlm waktu 24 jam sehari semalam dpt saja terjadi apa yg diingatkan Allah 3 ayat berikut:
اَفَاَمِنَ اَهْلُ الْـقُرٰٓى اَنْ يَّأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا بَيَاتًا وَّهُمْ نَآئِمُوْنَ
"Maka, apakah penduduk negeri itu merasa aman dari siksaan Kami yang datang malam hari ketika mereka sedang tidur?"
(QS. Al-A'raf 7: Ayat 97)
اَوَاَمِنَ اَهْلُ الْقُرٰٓى اَنْ يَّأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا ضُحًى وَّهُمْ يَلْعَبُوْنَ
"Atau apakah penduduk negeri itu merasa aman dari siksaan Kami yang datang pada pagi hari ketika mereka sedang bermain?"
(QS. Al-A'raf 7: Ayat 98)
اَفَاَمِنُوْا مَكْرَ اللّٰهِ ۚ فَلَا يَأْمَنُ مَكْرَ اللّٰهِ اِلَّا الْقَوْمُ الْخٰسِرُوْنَ
"Atau apakah mereka merasa aman dari siksaan Allah (yang tidak terduga-duga)? Tidak ada yang merasa aman dari siksaan Allah selain orang-orang yang rugi."
(QS. Al-A'raf 7: Ayat 99).
Dari warning Allah di 3 ayat ini seharusnyalah qt semua senantiasa waspada bahwa dlm waktu 24 jam yg qt ada didalamnya bencana dpt saja terjadi. Bencana/siksa baik menimpa diri pribadi, keluarga, kampung/desa, kota dan negara bahkan dunia ini. O.k.i. apapun kegiatan qt dan apapun status sosial qt. Pilihan qt adalah beserah diri kpd Allah. Dan selalulah waspada dg tetap menyandarkan diri kpd Allah; sebab bencana/siksa dpt terjadi kapan saja tak peduli qt sdg terlena dlm kesuksesan dan suka cita, atau dlm keterpurukan dan duka nestapa.
Demikian smg ada menfaatnya.
Wain yakun shawaban faminallah. Wa in yakun khathaan faminni waminanassyaitan,. Wallahu warasuluhu bari ani minhu. (Dan sekiranya benar, maka itu datang dari Allah. Dan sekiranya salah, maka berarti datangnya dariku sendiri dan dari syaitan. Allah serta RasulNya betlepas diri daripadanya). Barakallahufikum.

No comments:

Post a Comment