Wednesday 6 December 2017

Tanda-tanda abdi Allah

Untuk menjadi Abdi Allah yang Maha Rahman diinformasikan oleh Al-Qur'an diantaranya dpt qt telusuri pada surat Al-Furqan ayat 63 sampai 77 yaitu:
1. Sopan dalam menjalani kehidupan ini dan tidak bosan melayani atau berhubungan dengan orang yang kurang pandai. Bahkan jika disapa orang Jahil dia membalasnya dengan “salam”.
2. Suka bangun shalat malam, tetapi tetap bersemangat bekerja disiang hari sehingga berhasil menghimpun rezeki yang halal untuk dapat di nafkahkan di jalan Allah.
3. Dianya selalu berdo’a agar dijauhkan Allah dari azab api neraka, sebagai upayanya adalah menjauhi segala macam yang dilarang Allah dan menjalankan sekuat tenaga apa yang diperintahkan Allah. Karena mengimani betul apa yang diingatkan Allah bahwa azab neraka itu sangat memilukan dan seburuk-buruk tempat tinggal. Mengimani bahwa kehidupan akhirat itu ada dan kekal adanya.
4. Menafkahkan rezeki yang diperolehnya untuk amal kebaikan dengan tidak berlebihan atau boros tetapi juga tidak kikir. Berada di tengah-tengah antara keduanya. Dapat menempatkan kemana rezeki yang diterima itu di nafkahkan, dalam arti tidak sembarang memberi. Memberikan harta setelah mengetahui bahwa penerima pemberian/infak sadakah tersebut tepat alamatnya.
5. Tidak mensekutukan Allah.Dalam arti bahwa hanya Allah saja tempat menyerahkan diri, hanya Allah saja yang perintahnya patut dipatuhi, hanya Allah saja yang larangan patut dituruti. Hanya Allah saja yang patut ditakuti. Sehingga orang yang Ibadurrahmah jiwanya merdeka.
6. Tidak membunuh sesama manusia tanpa hak
7. Tidak berzina
8. Tidak berdusta dan bersaksi palsu
9. Tidak berbicara yang tak bermanfaat. Dalam konteks social media, tentu dimaksud juga tidak menulis hal-hal yang tak bermanfaat.
10. Kalau masa lalunya berlumur dosa untuk masuk menjadi Ibadurrahman, segera bertobat. Bagi yang benar-benar bertobat maka Allah akan menggantikan kejahatannya dengan kebaikan. Dengan syarat sesudah bertobat mengerjakan amal-amal shalih.
11. Selanjutnya, bila diingatkan dengan ayat-ayat Allah tidaklah mereka menulikan telinganya dan membutakan matanya. Pengertiannya tidak pura-pura tidak mendengar, pura-pura tidak melihat tanda tanda kebesaran Allah.
12. Orang yang Ibdurrahman, selalu berdo’a agar isteri dan anak-anak keturunannya menjadi cahaya mata dan menjadi pemimpin orang-orang yang bertaqwa kepada Allah.
Dari 12 tanda seseorang masuk kelompok abdi Allah yg Rahman, mungkin cocok buat kita menilai diri, apakah sifat-sifat dan perilaku tersebut diatas sudah ada pada kita?, kalau belum semua, sampai dimanakah sudah kita lakoni. Semoga kita bertekad setahap demi setahap melaksanakannya agar sampailah kita keujung hayat ini berujung dengan kesudahan yang baik, dikenal dalam termilogogi agama “Husnul Khatimah”. Lantaran sdh menjadi hamba Allah yg Maha Rahman. Amien. Barakallahu Fikum.
Demikian, lebih kurang mohon dimaklumi, sekaligus dimaafkan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment