Sunday 26 November 2017

MASA buat kehidupan Manusia.

Tentu bukan kebetulan; tujuh kali diulang Allah dlm Al-Qur'an tetang bumi dan langit serta segala isinya diciptakan Allah dlm enam masa y.i. di surat:
1. Yunus 3
2. Hud 7
3. Furqan 59
4. Sajadah 4
5. Qaf 38
6. Hadid 4.
7. Al-A'raf 54
Semakin ta"jublah qt dng program desain Al-Qur'an, ketika informasi bumi dan langit serta isinya diciptakan dibangun 7 lapis, Allah dlm 6 masa, informasi ttg hal tsb. diulangi 7 kali.
وَ هُوَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَ يَّامٍ
"Dan Dialah yang menciptakan langit dan Bumi dalam enam masa",
Dengan berbagai konteks di masing-masing ayat-ayat tersebut di atas.
Manusia tunduk pada ruang dan masa. Bila alam ini tercipta dlm enam masa, manusia hidup didunia ini separo masa penciptaan bumi dan langit y.i. berada dlm tiga masa.
Masa pertama; ialah masa yg lalu, termasuk kemarin. Termasuk masa muda qt, termasuk masa qt masih berjaya dulu-dulu. Masa itu tak kan dpt diulangi lagi berapapun biaya yg qt sanggupi, apapun redaksi do'a qt tak kan dpt masa itu terulang kembali. Bila pas terisi dg banyak kebaikan alhamdulillah. Bila banyak terlanjur terisi yg tdk baik dan dosa, apa boleh buat tinggal bertobat.
Masa kedua; adalah masa sekarang, tegasnya masa hari ini, jam saat ini, detik-detik anda membaca tulisan ini, sebelum hari berganti. Sangat rugilah bila masa sekarang tdk terpergunakan dg baik, sebab dia "si masa" segera akan jadi masa lalu, stlh hari berganti, stlh jam bergeser.
Masa ketiga; adalah masa yg akan datang. Dimulai jam berikut, dimulai hari sesudah hari ini dan seterusnya. Itu masa yg akan datang di dunia. Masa yg akan datang yg lebih panjang berikutnya ialah masa akhirat.
O.k.i. masa yg sangat berharga bagi qt adalah masa sekarang, jangan sampai qt lewatkan bgt saja tanpa makna, mari qt isi dg hal-hal yg benilai guna untuk hari esok qt dunia dan akhirat.
Mari qt tutup tulisan ini dg firman Allah SWT:
يٰۤاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَـنْظُرْ نَـفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا تَعْمَلُوْنَ
"Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan."
(QS. Al-Hasyr 59: Ayat 18)
Barakallahu fikum. Wallahu a'lam bishawab.

No comments:

Post a Comment