Thursday 28 January 2016

NGOMA dan NGOMPOL. (renungan Jum’at)



Ngoma, adalah ngomong-ngomong soal agama. Sedangkan Ngompol adalah ngomong-ngomong soal politik. Belum tentu orang sadang berbincang, ngomong-ngomong soal agama adalah seorang yang paham betul soal agama. Tapi setiap orang di Indonesia harus punya agama. Ada 6 (enam) agama yang dapat di pilih di Indonesia. Setiap warga negara boleh/bebas memilih salah satu dari enam agama yang telah diakui di republic ini. Dalam pada itu, belum tentu orang-orang berbicara soal politik mereka anggota sesuatu partai politik tertentu. Di Indonesia tidak diwajibkan setiap warga negara menjadi anggota PARPOL. Pada saat pemilu, orang yang tak berpartai ini terserah menjatuhkan pilihannya ke partai apa saja.
Agama di Indonesia yang boleh dipilih oleh warganegaranya bila kita urut abjad adalah sebagai Berikut:
1.       Buda, agama ber-kitab suci Tripitaka. Dianut oleh sebagian besar nenek moyang kita di kepulauan nusantara ini berabad abad yang lalu. Kini sebagian umatnya masih taat melakukan ibadahnya di Kuil mereka.
2.       Hindu, agama yang juga populer di tanah air ini dengan kitab sucinya WEDA. Kitab ini sebagai acuan hidup penganutnya yang masih setia.
3.       Islam, adalah agama yang dianut terbesar orang di Indonesia, agama dengan di tuntunan kitab Suci Al Qur’an dan hadis Rasul Nabi Muhammad.
4.       Katolik, dengan kitab-kitabnya adalah “Alkitab“, yang terdiri dari 73 kitab (Perjanjian Lama terdiri dari 46 kitab sedangkan Perjanjian Baru terdiri dari 27 kitab).
5.       Kong Hu Cu, agama ini dianut juga oleh anak bangsa ini, ada  tiga kelompok:
a.       Wu Jing (Kitab Suci yang Lima), terdiri dari : Kitab Sanjak Suci (Shi Jing), Kitab Dokumen Sejarah (Shu Jing), Kitab Wahyu Perubahan (Yi Jing), Kitab Suci Kesusilaan (Li Jing), Kitab Chun-qiu (Chunqiu Jing).
b.      Si Shu (Kitab Yang Empat), terdiri dari : Kitab Ajaran Besar (Da Xue), Kitab Tengah Sempurna (Zhong Yong), Kitab Sabda Suci (Lun Yu), Kitab Mengzi (Meng Zi).
c.       Xiao Jing (Kitab Bhakti)
6.       Protestan (Kristen Protestan), Kitab suci Agama Kristen Protestan adalah “Alkitab“, yang terdiri dari 66 kitab (39 kitab Perjanjian Lama dan 27 kitab Perjanjian Baru).
Belakangan ini, tersiar di media elektronik, bahwa ada satu  organisasi masa yang mengaku keluar dari salah satu agama. Nah kalau begitu organisasi itu menganut agama apa dari 6 (enam) agama yang di akui di Indonesia?. Seluruh agama yang diakui itu masing-masing ada kitab acuan yang mereka pegang. Lantas kalau sudah keluar dari salah satu agama, maka menyoal keyakinan mereka tidak lagi mengacu pada kitab-kitab tersebut di atas, atau mereka merangkum semua kitab.?
Kembali ke Ngoma dan Ngompol, Ngomong agama ada 6 (enam) agama yang boleh di pilih warga negara Indonesia. Ngomong Politik (barangkali), dasar negara Indonesia Pancasila dimana di dalamnya di sila pertama KETUHANAN yang MAHA ESA. Kalau begitu anak bangsa ini harus ber-Tuhan, dan yang bertuhan hanya orang yang beragama. Kalau beragama harus pilih salah satu dari 6(enam) agama yang sampai saat ini di akui di Indonesia.

No comments:

Post a Comment